Harga Hewan Kurban Masih Normal

Jelang Idul Adha 1436 hijriah

Palu, – Mendekati hari Raya Idul Adha 1436 hijriah, hingga hari ini harga jual hewan kurban belum mengalami kenaikan yang signifikan. Bahkan, aktifitas di Pasar Hewan Jalan Pipa Air Kelurahan Donggala Kodi Kecamatan Palu Barat juga mengalami peningkatan.

Salah seorang pedagang sapi di Pasar Hewan Donggala Kodi, Ramang kepada Metro Sulawesi mengakui, bahwa jika hingga saat ini belum ada perbedaan harga jual hewan dagangannya disbanding hari biasa.

“Kalau perubahan harga sebulan terakhir ini baru berkisar antara satu sampai dua juta saja. Itu masih normal, kalau tahun lalu dekat-dekat lebaran begini biasanya sudah naik sekali,” kata Ramang.

Ramang menambahkan, diperkirakan dalam waktu dekat ini atau sekitar tujuh hari jelang hari H kenaikan harga hewan kurban, sebab pada hari-hari itu sudah banyak yang pesan.

“Dekat-dekat bagitu biasa orang yang patungan kurban sudah banyak yang pesan,” imbuhnya.

Sementara untuk harga saat ini menurut Ramang masih berkisar Rp20 juta untuk ternak Sapi lokal. Sedangkan untuk ternak Sapi Bali berkisar belasan juta rupiah.

Menurut Ramang, saat ini dirinya kesulitan mendapatkan pakan ternak, sehingga terkadang ia harus mendatangkan pakan dari Sulawesi Barat.

“Terpaksa saya harus beli dari luar, biasanya saya beli dari Palolo, tapi sekarang sudah mulai susah mungkin kemarau ini juga pengaruhnya,” tambah Ramang.

Dalam sehari, pria yang berasal dari daerah Provinsi Gorontalo tersebut mengaku membutuhkan 1 hingga 3 truk pakan, dengan harga per truknya Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

“Kalau mobil pick up biasa Rp500 ribu satu mobil kalau truk Rp1juta, tapi tergantung tempatnya juga, kalau dari Sulawesi Barat biasa Rp1juta satu mobil kecil,” ujar ramang.
(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: