Parimo Kembangkan Olahan Ikan Bandeng Tanpa Duri
KULINER IKAN - Peserta sosialisasi yang mayoritas adalah kaum hawa sedang mempraktekkan bagaimana mengolah ikan bandeng bebas duri di Kecamatan Parigi Selatan. (Foto : Andi Sadam)

Parimo Kembangkan Olahan Ikan Bandeng Tanpa Duri

Parimo- 30 orang perempuan yang tergabung dalam UKM, petani tambak dan PKK di wilayah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dilatih mengolah ikan bandeng tanpa duri di salah satu tambak warga Kecamatan Parigi Selatan.

Ketua Panitia Ir Mahfuz mengatakan, tujuan pelatihan itu adalah memberikan informasi beragam pengolahan perikanan, meningkatkan nilai tambah dan ragam prodak hasil olahan.

Mahfuz mengatakan, ikan bandeng merupakan komoditi perikanan yang memiliki rasa cukup enak dan gurih dan banyak digemari oleh masyarakat umum.

“Harganya juga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya, Selasa (1/9/2015) lalu.

Mahfuz menjelaskan, ikan bandeng termasuk ikan yang bertulang keras dan dagingnya berwarna putih susu dengan struktur daging yang padat juga mempunyai nutrisi lengkap terdiri dari asam proksimat, mineral dan asam amino yang bermanfaat bagi nutrisi manusia walaupun mengandung nilai gizi yang tinggi.

Ikan bandeng juga memiliki duri yang banyak, sehingga kurang diminati banyak masyarakat. Meski demikian, ikan bandeng tersebut bisa diolah berbagai ragam olahan salah satunya dengan membersuhi.

“Ikan bandeng tanpa duri (tulang) merupakan prodak perikanan setengah jadi berupa bandeng mentah segar yang telah dibuang duri atau tulangnya,” paparnya.

Ia menyebutkan, kelebihan ikan bandeng tanpa duri yaitu tidak mengurangi atau menghilangkan kandungan gizi dari ikan tersebut, karena pengolahannya hanya menghilangkan duri atau tulangnya.

“Daging ikan tersebut juga masih dalam keadaan segar dengan kondisi yang masih utuh,” jelasnya.

Sementara, Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai yang membuka kegiatan itu mengatakan, sosialisasi seperti ini merupakan momentum penting agar dapat diketahui bagaimana cara pembudidayaan serta pengolahan ikan bandeng bebas duri, sehingga lebih efisien guna menunjang peningkatan perekonomian masyarakat ke arah yang lebih baik.

“Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan oleh nelayan di daerah ini, sehingga untuk pengembangannya dibutuhkan sumberdaya manusia yang memadai,” ujarnya. (ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: