Lapas Luwuk Minim Anggaran Kesehatan Napi

Luwuk – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Luwuk, Kabupaten Baggai, John FK Johanes mengatakan, pihaknya tidak memiliki biaya kesehatan bagi narapidana (napi) yang sakit. Sebab, tahun 2014-2015 anggaran untuk pengadaan alat kesehatan, pengobatan dan biaya rawat inap napi tidak ada.

Menurut John, selama ini napi yang sakit masih bisa dijangkau oleh keluarganya.

Biaya kesehatan berasal dari pusat langsung. Lapas Klas II B Luwuk dihuni sekitar 350 narapidana serta tidak dapat dipastikan kondisinya tetap sehat selama di Lapas tersebut.

“Biaya kesehatan napi tidak ada, tapi kita sudah siapkan tim medis dari Dinas Kesehatan dan perawat, karena tim medis yang ada di Lapas juga masih minim, apalagi anggaran buat kesehatan napi yang sakit,” katanya.

Ia bersyukur selama ini belum ada napi yang sakit parah dan masih bisa dijangkau oleh keluarganya.

“Tetapi kami berupaya maksimal untuk mengantisipasinya. Namun tidak dipungkiri kondisi ini membuat kami cemas, mencari jalan keluar agar napi yang sakit tetap mendapat perawatan kesehatan. Apakah jika ada yang mengeluh sakit kita biarkan saja? Tapi jika ada napi yang sakit, kita akan beri tahukan kepada keluarganya karna untuk biaya pengobatan anggaran obat tidak ada di tahun 2015 ini,” ujarnya.

Selama ini, pihak Lapas hanya menyediakan dokter khusus, karena belum ada penyediaan bilik khusus narapidana di Luwuk.

“Kami berusaha mencegah para napi agar tidak mengalami sakit parah, untuk yang sakit ringan masih bisa di jangkau oleh keluarga masing-masing,“ tambahnya.

Olehnya, untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Banggai serta berharap, kedepan perubahan anggaran segera dilakukan, terutama masalah biaya kesehatan napi.

“Saat ini, lebih mengedepankan masalah kesehatan jasmani dan rohani. Napi lebih sering diarahkan untuk kebugaran agar mereka tetap sehat,” tutupnya(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: