Warga Poso Krisis Air Bersih
KRISIS - Seorang warga di Kelurahan Sayo terpaksa menimba air di sumur-sumur buatan karen saluran air dari PDAM tidak berfungsi dengan baik. (Foto : Wawan)

Warga Poso Krisis Air Bersih

PDAM tidak Berfungsi Dengan Baik

Poso – Krisis air bersih hingga saat ini masih dirasakan sejumlah warga di Kabupaten Poso. Hal itu disebabkan kemarau panjang yang belum berakhir juga diakibatkan saluran air PDAM yang belum tersedia dengan baik. Seperti yang dialami warga di Kelurahan Sayo, Kecamatan Poso Kota Selatan, tepatnya warga yang tinggal dilorong Poltum.

Salah satu warga, Ilup mengaku, krisis air bersih itu sudah terjadi dalam lima bulan terakhir. Untuk mendapatkan air bersih, dirinya bersama warga yang lainnya hanya mengandalkan sumur buatan dan air kubangan yang ada di dekat kebun-kebun warga.

“Torang disini susah sekali dapat air, mau pakai minum saja sudah tidak cukup pak, kami bingung kenapa tidak ada yang perhatikan kami disini,” kata Ilup ditemui Metrosulawesi saat tengah mengambil air kubangan, Kamis (3/9/2015).

Meskipun hanya mengandalkan sumur buatan dan air bak yang di tampung warga, kondisi ini tetap menyulitkan warga. Bahkan warga Poltum setiap pagi dan sore hari, baik ibu-ibu maupun anak-anak memadati sungai-sungai kecil yang berada dekat dengan kebun warga untuk mandi dan mencuci.

Tak hanya itu, kondisi pertanian terutama tanaman kakao milik warga yang ada diwilayah itu juga mengalami kekeringan. Sehingga tanaman kakao tidak bisa berproduksi dengan baik. Dari pantauan media ini, beberapa hektar kebun kakao di wilayah itu terlihat kondisi pohon, daun dan buah yang telah kering.

“Torang punya buah coklat disini, baik pohon dan buahnya jadi kering karena tidak ada air pak,” ujar warga lainnya.

Dengan kondisi ini, warga Poltum sangat mengharapkan peran pemerintah terkait untuk memberikan kontrisbusinya terhadap kondisi warga yang sulit mendapatkan air bersih.(MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: