90 Hektar Sawah di Nuhon Kekeringan

BANGGAI- Lahan persawahan milik petani seluas 3.500 hektar di Desa Singkoyo, Kecamatan Toili mengalami kekeringan. Kondisi sama pula dirasakan petani di Desa Damai Makmur, Kecamatan Nuhon. Lahan persawahan seluas 90 hektar juga mengalami kekeringan.

Dalam mengantisipasi gagal panen akibat lahan perswahan mengering, Dinas Pertanian Banggai, meminjamkan mesin penyedot air pada kelompok tani di Desa Singkoyo dan Damai Makmur.

“Ada dua mesin alkon yang dipinjamkan ke petani Desa Singkoyo dan Damai Makmur. Langkah tersebut adalah upaya untuk mencegah terjadinya gagal panen akibat kekeringan yang melanda wilayah tersebut,” tutur Kasi Pupuk dan Alsistin, Dinas Pertanian Banggai, Lilis kepada Banggai Raya baru-baru ini.

Ia menjelaskan, mesin penyedot air dipinjamkan pada kelompok tani hanya bersifat sementara. “Mesin itu adalah milik Distan yang dipinjamkan pada petani dalam waktu yang sementara saja. Selesai permasalahan di lapangan, mesin itu ditarik kembali,” ungkap Lilis.

Bayu, petani dari Desa Singkoyo mengatakan, kekeringan lahan persawahan selain diakibatkan panas matahari, disebabkan tidak mengalirnya air karena ada perbaikan irigasi. Ironisnya, rekanan yang mengerjakan perbaikan irigasi menutup pintu utama air yang mengalir ke lahan persawahan.

“Kekeringan lahan persawahan bukan hanya diakibatkan terik matahari, namun disebabkan penutupan pintu utama oleh kontraktor yang saat ini sedang melakukan perbaikan irigasi,” kata Bayu.

Ia mengaku, petani telah bermohon pada pihak rekanan agar tidak menutup pintu utama irigasi. Namun, permohonan tidak diindahkan kontraktor pelaksana. “Kami sudah berupaya mencari jalan keluar dengan bermohon pada pihak kontraktor agar tidak menutup pintu masuk air ke lahan persawahan. Akan tetapi, permohonan kami tidak pernah diindahkan.

Akibatnya, sawah kami terancam gagal panen akibat tidak lagi ada pasokan air,” cetusnya(SULTENGPOS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: