JOB PMTS-PIP LH Tanam 50 Ribu Mangrove

SULTENG POST- Sebagai wujud kepedulian pada pelestarian lingkungan sekaligus untuk mengembalikan kondisi hutan mangrove, Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB PMTS) sebagai operator hulu pertambangan gas di Kabupaten Banggai, melakukan langkah penanaman revegetasi tanaman mangrove di sejumlah titik di Kabupaten Banggai.

Dan untuk mengefektifkan penanaman tersebut, JOB PMTS menggandeng PIP LH (Pusat Informasi dan Pendidikan Lingkungan Hidup), sebuah lembaga swadaya masyarakat yang konsern dalam urusan lingkungan. Tak tanggung-tanggung, bibit tanaman mangrove yang akan ditebar sebanyak 50 ribu pohon.

Pencanangan kegiatan tersebut dilakukan belum lama ini di areal Central Procesing Plant (CPP) JOB PMTS di Desa Paisubuloli Kecamatan Batui Selatan, melalui Gerakan Penanaman Revegetasi Tanaman Mangrove. Gerakan revegetasi itu ditandai dengan penanaman perdana bibit mangrove oleh Bupati Banggai Sofhian Mile, bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan sejumlah kepala satuan kerja.

Ketua panitia kegiatan Ikhsan Suling dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut adalah program JOB PMTS untuk revegetasi tanaman mangrove dan tujuannya untuk merehabilitasi kawasan hutan mangrove, sehingga bisa mengembalikan fungsinya sebagai habitat flora dan fauna. Kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan kesadaran warga terhadap lingkungan. Penanaman 50 ribu pohon mangrove kata aktivis PIP LH ini, sebagai wujud komitmen perusahaan pada lingkungan, dan akan melibatkan masyarakat.

Titik lokasi penanaman adalah Desa Uwedikan Kecamatan Luwuk Timur dan Desa Tohitisari Kecamatan Toili, dengan luasan total 45,5 hektar.

Sementara Field Manager JOB PMTS Susanto mengatakan, kegiatan penanaman revegetasi ini adalah upaya perusahaan untuk menciptakan keberlangsungan lingkungan yang lebih baikdan kelestarian ekosistem. Sebagai perusahaan migas kata Susanto, JOB PMTS berniat menciptakan pembangunan berkelanjutan yang ditandai dengan tetap lestarinya lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: