Pemda Parimo ‘Panik’ Hadapi Sail Tomini

Pemda Parimo ‘Panik’ Hadapi Sail Tomini

Kerahkan Seluruh PNS Kerja Bhakti di Jam Pelayanan

Parimo – Hampir seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tanpa terkecuali di jajaran Pemda Parimo, dipastikan tak melaksanakan pelayanan publik khususnya pada pagi jelang siang hari, Senin lalu.

Perilaku “seenaknya” yang terlihat beberapa waktu terakhir ini kian menegaskan Pemda Parimo terkesan panik dengan bakal segera dilaksanakannya acara Sail Tomini. Sebab semua pegawai tanpa terkecuali diarahkan untuk melakukan kerja bhakti di lokasi yang terletak di Dusun Kayubura itu pada jam-jam pelayananan masyarakat.

Pantauan di sejumlah Badan, Dinas maupun kantor tak menunjukkan adanya aktifitas pelayanan khususnya saat pagi hingga istirahat siang. Kalaupun ada beberapa pegawai yang sempat ditemukan pada beberapa kantor, itupun hanya sejumlah pegawai yang lambat masuk kantor, sehingga tidak sempat bersamaan dengan rekannya melakukan kerja bhakti.

Sementara sebagian besar pegawai yang seharusnya melaksanakan upacara bendera sesuai dengan upaya digalakkan di SKPD setiap hari senin, terpaksa membatalkan kegiatan itu dan mengarahkan semua pegawai tanpa terkecuali untuk melakukan kerja bhakti di Lokasi Sail Tomini.

Bukan hanya itu, pada beberapa SKPD malah melakukan aksi penutupan kantor dengan alasan semua pejabat dan staf tengah berada dilapangan. Bahkan pada SKPD pelayanan langsung terlihat sejumlah warga yang tengah menunggu, sementara proses pelayanan belum dilakukan karena alasan petugas tidak berada di kantor.

Seperti kondisi yang terjadi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Parimo misalnya, sejumlah warga dari berbagai kecamatan terlihat sedang menunggu disejumlah tempat, karena berdasarkan informasi dari pihak kantor bahwa pelayanan baru akan dilakukan pada pukul 14.00 Wita.

“Menurut informasi dari pegawainya pak, jam 2 baru ada pelayanan. Karena semua petugas yang ada sedang kerja bhakti di Lokasi Sail,” kata warga Moutong, Arsyad, yang mengaku sudah ada di kantor Dukcapil sejak pukul 07.30 Wita.

Arsyad mengaku terpaksa tetap menunggu jam pelayanan dibuka, karena mau tidak mau rencana pengurusan dokumen kependudukannya tersebut harus bisa rampung, karena sudah sangat dibutuhkan.

Belum lagi jarak yang harus ia tempuh dari kediamannya ke kantor Dukcapil sangat jauh, dengan tertundanya pengurusan dokumennya tersebut praktis juga mempengaruhi pengeluaran yang harus ia talangi selama berada di Parigi.

Keluhan senada juga dikemukakan warga Tomini, Sri, yang mengaku sudah berada di kantor Dukcapil pada pukul 09.00 Wita. Seharusnya kata dia, bila memang ada rencana untuk tidak melakukan pelayanan pada jam-jam tertentu, seharusnya pihak SKPD tersebut sudah melakukan pemberitahuan terlebih dahulu ke pemerintah-pemerintah kecamatan ataupun desa.

Sebab menurutnya informasi terkait perubahan jam pelayanan selama pelaksanaan kerja bhakti yang digalakkan Pemda Parimo bagi semua pegawai di daerah ini sama sekali tidak diketahuinya.

“Harusnya diumumkan dulu ke masyarakat baik melalui kecamatan atau pemerintah desa, supaya masyarakat juga bisa tahu dan tidak capek. Sekarang kita sudah dikantor, tapi pelayanan tidak ada. Kan kasian kami pak yang dari jauh,” ujar Sri yang mengaku berangkat dari rumahnya ke Parigi sekitar pukul 05.30 Wita.(ddk)

Kerja Bakti Selama Tiga Hari

Sejumlah pejabat yang hendak dikonfirmasi seputar adanya perubahan jadwal pelayanan di Dukcapil, tak bisa ditemui karena saat itu sedang berada di lapangan. Hanya beberapa pegawai yang sempat ditemui mengatakan bahwa mereka belum bisa melakukan pelayanan, karena sejumlah pegawai yang bertugas tidak berada di tempat.

Sementara, berdasarkan informasi yang sempat dihimpun, aktifitas kerja bakti di jam-jam produktif pelayananan tersebut bakal berlangsung selama tiga hari terhitung sejak hari Senin hinggga Rabu. Parahnya lagi, instruksi terkait dengan pelaksanaan kerja bakti tersebut diduga tidak berdasarkan surat edaran dan sejumlah penyampaian resmi, tetapi hanya melalui sms dari pimpinan SKPD ke semua pegawai pada instansi masing-masing.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: