FTP 2015 Manfaatkan Momen Sail Tomini

Palu- Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palu, Darma Gunawan Muhtar mengusulkan agar pelaksanaan Festival Teluk Palu (FTP) 2015 dimajukan dari rencana semula yang akan dilaksanakan pada 27-29 September 2015, menjadi tanggal 19 September 2015. Hal ini dia sampaikan pada rapat persiapan pelaksanaan FTP 2015 di auditorium Pemkot Palu, Selasa (1/9/2015)

Menurut Darma Gunawan, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian dan memperkenalkan kepada para tamu dan pengunjung Sail Tomini, utamanya turis mancanegara yang hendak pulang ke daerah dan negaranya tentang iven tahunan FTP ini.

“Bagaimana jika iven ini dimajukan mengingat pelaksanaan iven Sail Tomini tanggal 19 dan kemungkinan pada tanggal 21 sampai dengan 23 para turis sudah berada di Kota Palu untuk pulang ke daerah atau negaranya. kenapa tidak kita manfaatkan keberadaan mereka untuk memperkenalkan iven tahunan FTP ini,” saran Darma Gunawan.

Sementara itu KABAG Humas Pemkot Palu Akram Agus mengusulkan, agar puncak kegiatan FTP 2015 tetap dilaksanakan pada 27-29 September. Kata dia, yang perlu dilakukan adalah menyiapkan kegiatan lainnya untuk mengisi kekosongan kegiatan antara Sail Tomini dan FTP, dengan melaksanakan berbagi lomba yang berkaitan dengan pantai dan laut.

“Lomba-lomba itu bisa seperti dayung, perahu layar, renang, pacuan kuda dan beberapa olahraga air lainnya yang dilaksanakan pada tanggal 21 – 23 September, agar supaya para turis asing yang masih berada di Kota Palu tidak langsung pulang hingga puncak kegiatan FTP,” saran Akram.

Menanggapi masukan itu, kepala dinas pariwisata dan ekonomi kreatif (Disparenkraf) Kota Palu, Susi Elfira Wahyuni Mastura mengatakan, pihaknya akan membahas kembali sususan acara serta merancang lagi jadwal kegiatan FTP. Namun Susi sepakat, jika puncak kegiatan FTP tetap dilaksanakan pada 27-29 September.

“Jadi kita akan pilah-pilah dulu yang mana yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 – 23 dan mana yang akan dilaksanakan pada 27 – 29 September,” kata Susi.

Susi menambahkan, rencananya pekan ini pihaknya akan melaksanakan rapat lanjutan mengenai rencana perubahan jadwal tersebut, dengan melibatkan seluruh SKPD.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: