Kesadaran Warga Jaga Kebersihan Masih Rendah

Palu– Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang rendah, tidak hanya terjadi di pemukiman warga biasa, tetapi juga kawasan perumahan mewah, diantaranya BTN Tavanjuka Mas.

Meski pemerintah sudah menyiapkan TPS, namun tidak digunakan dengan baik oleh warga sekitar. Sehingga sampah berserakan karena tiupan angin.

Salah seorang warga, Arni kepada Metrosulawesi mengatakan, jika warga tidak hanya memanfaatkan TPS yang telah disiapkan, tetapi juga tidak mematuhi jadwal buang sampah.

“Kalau ditanya tentang sampah, sebenarnya saya cuma rasa lucu, setiap hari sudah yang saya liat, yang saya cium baunya. Biar semua sampah sudah diangkat petugas kebersihan, namanya manusia beda-beda, masih ada tetap saja yang buang di pinggir-pinngir, bukan langsung di dalam kontainernya,” kata Arni.

Dia juga mengatakan, untuk mengurangi sampah-sampah yang berserakan hingga didekat rumahnya, dia dan beberapa warga lainnya berusaha membakar sampah yang berserakan.

“Disini itu, suda tidak ada kerja bakti. Kasian juga itu petugas sampah, memang tugasnya mereka, tapi masyarakat tidak ada juga paham. Jadi, saya dengan biasanya ada tetangga lain, kalau ada kesempatan, biasanya sore-sore begitu, bakar sampah yang berserakan, dikumpul dulu baru dibakar,” ucapnya.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: