Warga Morut Pertanyakan HGU Perkebunan Karet PTPN

Kolonodale – Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah, melalui staf Bidang Planologi, Neneng Nova bersama Kabid Kehutanan Kabupaten Morowali Utara, Massangka melakukan sosialisasi tentang tata batas kawasan hutan, dalam rangka mewujudkan kemantapan kawasan hutan. Sosialisasi yang digelar di Balai Desa Dolupa Karya, Jumat (21/8/2015), itu berlangsung penuh dengan pertanyaan warga setempat.

Kepala Desa Dolupo Karya, Toni Kurtis Posuka mempertanyakan keberadanan perkebunan HTI ( Hutan Tanaman Industri ), yang bergerak dibidang perkebunan karet sejak tahun 2001, yang kemudian dibubarkan oleh pemerintah pusat dan dialihkan pengelolanya pada pemerintah daerah setempat. Ia juga mempertanyakan, juga soal warga Dusun Mandoa yang bermukim di wilayah Cx, Desa Kumpi dimana aset Dusun Mandoa ini masih di klaim masuk Desa Kumpi, Kecamatan Lembo.

Hal senada diutarakan Ketua Badan Permusyawaratan Desa Lembobelala, Yarid Larope yang mempertanyakan HGU ( Hak Guna Usaha ) perkebunan karet PTPN, dimana seluruh Desa Lembobelala ini telah masuk areal HGU PTPN tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Camat Lembo Raya Hans.B.Lasani menyayangkan pihak perusahaan PTPN yang sudah mendekati berakhirnya HGU, lalu secepatnya akan mencari lahan lainnya, untuk membuka lahan perkebunan karet yang baru, mengingat tanaman yang ada saat ini sudah perlu diremajakan kembali.

Menyikapai peta pembagian wilayah Kecamatan Lembo dan Lembo Raya, sampai saat ini, kata Camat, belum ada.

“Dan dengan adanya undang-undang pemekaran Kecamatan Lembo Raya dari kabupaten induk Kecamatan Lembo, maka secara otomatatis harus masuk di wilayah Kecamatan Lembo Raya,” tegas camat yang juga menilai, keliru jika Desa Kumpi di Kecamatan Lembo terus mempertahankan Dusun Mandoa ini.

Sosialisasi tata batas kawasan hutan yang di pandu oleh Camat Lembo Raya itu hadiri oleh para kepala desa, Ketua BPD dan tokoh-tokoh masyarakat, serta di hadiri oleh Humas/CDO perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. CAN Yaristan Palesa.(MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: