FKUB Sulteng Sikapi Peristiwa Tolikara

PALU – Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah bersama jajaran pimpinan daerah Sulawesi Tengah melakukan pertemuan untuk menyikapi peristiwa di Kabupaten Tolikara, Papua. Pertemuan dilakukan sebagai upaya pencegahan agar peristiwa Tolikara tidak menjalar ke Sulawesi Tengah.
Pertemuan dilakukan di aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tengah, Rabu siang (22/7). Ketua FKUB Sulawesi Tengah Jamaluddin Mariajang menilai peristiwa Tolikara harus disikapi secara cermat dan jangan sampai merusak Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Di sisi lain, hak asasi manusia dalam menjalankan ibadah sesuai keyakinan yang dianutnya tidak boleh diganggu oleh pihak manapun,” tegas Jamaluddin.
Pasca peristiwa Tolikara, pimpinan Polri maupun TNI langsung mengeluarkan perintah. Untuk Sulawesi Tengah, Kepolisian Daerah Sulawesi tengah langsung memerintahkan perintah agar melakukan penjagaan terhadap seluruh rumah ibadah di Kota Palu, khususnya gereja. Sebanyak 78 buah gereja dan empat vihara. Mulai Sabtu sore hingga waktu yang belum ditentukan, sudah dijaga polisi dan personil TNI.
Komandan Korem 132/Tadulako, Letkol Inf. Herryanto Syahputra mengatakan biarlah peristiwa Tolikara diselesaikan oleh pemerintah daerah setempat. Kita di Sulawesi Tengah jangan terpengaruh dengan peristiwa tersebut.
Sementara itu, Kapolres Palu AKBP Basya Radyananda mengatakan lebih dari 300-an personil Polri didukung TNI melakukan pengamanan gereja di Kota Palu.
Mengenai pelemparan dan upaya pembakaran dua gereja di Kota Palu, Basya Radyananda menyatakan masih dalam proses penyelidikan. “Kita tidak boleh berspekulasi. Masih dalam proses penyelidikan. Apalagi pelakunya itu orang mabuk,” kata Basya.
Dari pantauan/ terliahat ada personil Polri ditempatkan di gereja seperti Gereja Advent di Jalan Sulawesi, pos gereja ini sempat dibakar dengan menggunakan bensin oleh orang tak dikenal pada Minggu subuh lalu. Terlihat garis polisi masih terpasang.
Begitupula dengan gereka lainnya seperti Santo Paulus di Jalan Pattimura, Polres Palu menempatkan personilnya untuk melakukan pengamanan(kabarselebes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*