AJI Palu Gelar Pelatihan Jurnalistik Untuk Pelajar

PALU – Aliansi Jurnalis Independen Kota Palu menggelar Pelatihan Jurnalistik kepada belasan pelajar SMA dan sederajat di Restoran dan Hotel Kampung Nelayan, Kamis, 22 Desember 2016.

Pelatihan dengan tema “Belajar Jurnalistik dari Bangku Sekolah” diikuti belasan pelajar dari 2 Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kota Palu. Materi pelatihan antara lain Dasar-dasar Jurnalis, Foto Junalistik serta Video Jurnalis.

Siti Maryam, peserta dari SMKN 1 Palu mengaku senang mengikuti pelatihan ini.

“Saya bisa menambah ilmu dari pelatihan ini, jadi tahu cara memotret dengan bagus dan bisa membedakan mana informasi yang layak jadi sebuah berita,”akunya.

Kegiatan jurnalistik merupakan kegiatan yang bernilai positif untuk membangun siswa yang mandiri dan berjiwa luhur. Media jurnalistik di sekolah harus dimunculkan dan dikembangkan untuk mendorong optimalisasi siswa dalam bidang jurnalistik.

“Kami ingin memperkenalkan kepada pelajar soal standar jurnalistik, jadi mereka bisa memahami mana perbedaan antara media sosial dan media Jurnalistik,”jelas ketua AJI Palu, Muh. Iqbal

“Sebagaimana kita ketahui di era teknologi saat ini banyak dampak negatif yang muncul, semoga adanya pelatihan ini setidaknya menjadi penetralisir dari dampak negatif teknologi itu sendiri,”tambah Iqbal.

Dari pelatihan ini diharapkan mampu menambah keterampilan menulis bagi pelajar tidak saja dalam dunia jurnalistik namun dalam spektrum yang lebih luas. (sultengekspres)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: