2019, Tidak Ada lagi Kawasan kumuh di Kota Palu

PALU, beritapalu.NET | Sebanyak 14 kelurahan di Kota Palu menjadi pilot project Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program penjabaran dari pelaksanaan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya ini telah dituangkan dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pencegahan peningkatan kawasan pemukiman kumuh.

Ranperda yang kini diasistensi oleh Pemprov Sulteng ini, menargetkan Kota Palu akan nol kawasan kumuh pada 2019 mendatang. Implementasi program tersebut direncanakan akan menggunakan dana APBN dan APBD Kota Palu.

Ketua Pansus DPRD Kota Palu Rusman Ramli yang mengkaji Ranperda itu mengaku, dengan selesainya asistensi Ranperda itu maka berarti selangkah lagi peraturan tersebut akan segera disahkan. Ia berharap, pada 2017 pelaksanaan program Kotaku sudah dapat berjalan.

“Tidak ada perbuahan signifikan dari hasil asistensi dengan pihak provinsi, hanya ada beberapa penekanan di redaksional, ” ungkap Rusman, Rabu (21/12/2016) sore.

Ditambahkan, jika Ranperda ini telah disahkan, maka sedini mungkin kawasan-kawasan kumuh sudah mulai dapat diatur. Kota Palu yang disebutnya saat ini terus berkembang, tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan arus urbanisasi dan kepadatan penduduk juga ikut meningkat.

Maka nantinya kawasan bantaran sungai serta Teluk Palu juga akan masuk dalam zonasi penataan kawasan kumuh. Beberapa faktor yang menjadi penilai kumuh sendiri, seperti penyediaan air bersih dan tempat pembuangan sampah.

“Kami harap semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat turut berpartisipasi. Karena jika hal ini hanya semata-mata di tangani satu dinas, maka di pastikan program ini tidak akan berjalan,” harap Rusman.(beritapalu.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: