Puluhan Mahasiswa dan Jurnalis Tanam Pohon Pelindung

Palu – Puluhan mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat dan jurnalis yang tergabung dalam Forum Jurnalis Peduli Lingkungan (FJPL) Sulawesi Tengah melakukan aksi tanam pohon di sekitar kampus, Senin (28/11/2016) pagi. Aksi ini terkait dengan peringatan hari menanam pohon nasional yang jatuh setiap 28 November.

Puluhan mahasiswa dan jurnalis melakukan penanaman pohon pelindung di halaman kampus Universitas Alkhairaat sejak pukul 08.00 waktu setempat. Sebanyak 100 bibit pohon dari delapan jenis pohon ditanam di sejumlah titik yang ada di kawasan Kampus Universitas Alkhairaat termasuk Fakultas Sastra. Jenis pohon yang ditanam antara lain ebony, nantu, mahoni, trambesi, nangka, gelodok dan mangga.

Dekan Fakultas Sastra Universitas Alkhairaat Dra Gusnari Wahab M.Si kepada wartawan usai melakukan penanaman secara simbolis mengatakan aksi tanam pohon tersebut selain mendukung program pemerintah yang memperingati hari menanam pohon nasional setiap tanggal 28 Nopember juga sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya penghijauan.

‘’Kami memang berusaha untuk menerapkan program penghijauan di areal kampus biar sejuk dan rindang. Ini juga penting untuk mendukung program pemerintah,’’ujarnya.

Gusnari menyampaikan kalau program penanaman pohon tersebut akan dilakukan secara bertahap di titik yang dianggap butuh tanaman penghijauan. Ia berharap tanaman tersebut nantinya bermanfaat bagi generasi selanjutnya. ‘’Ini menjadi warisan kita,’’tekannya.

Sementara itu, Ketua Forum Jurnalis Peduli Lingkungan Sulawesi Tengah Syamsuddin menyampaikan, aksi tanam pohon sudah dilakukan beberapa kali di Kota Palu meski kali pertama bekerjasama dengan mahasiswa Universitas Alkhairaat. Selain menjadi bagian dari program kerja juga turut mendukung program pemerintah dalam menyelamatkan bumi dan alam dengan gerakan tanam satu milyar pohon.

Syamsuddin berharap pohon-pohon nyang ditanam tersebut kelak bermanfaat bagi keindahaan kampus. Ia pun berterima kasih kepada pihak BPDAS Palu-Poso yang telah membantu memberikan bibit pohon secara gratis.

‘’Yah kita berterima kasih kepada pihak BPDAS dan Fakultas Sastra Unisa yang menjadi bagian kerjasama dalam kegiatan ini,’’pungkasnya.(mercusuar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: