Jurnalis Ekonomi Harus Sukai Angka

BANGGAI, – Menjadi jurnalis dituntut untuk memiliki wawasan luas. Selain sebagai kebutuhan pemberitaan, wawasan memudahkan untuk menyampaikan informasi secara detail kepada khalayak. Apalagi untuk jurnalis ekonomi, selain dituntut untuk memiliki wawasan luas, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. “Menjadi wartawan ekonomi dan keuangan membutuhkan beberapa persyaratan. Pertama menyukai angka, kedua gemar menganalisa dan ketiga hobi membaca,” ujar wartawan The Jakarta Post, Budoyo Pracahyo pada lanjutan workshop jurnalis Sulteng di Luwuk (29/11/2016).

Angka yang dimaksud dalam ilmu ekonomi memang bukan seperti ilmu yang pasti. Angka dalam iilmu ekonomi adalah hasil dari interaksi manusia. Melalui angkalah terjadi penyesuaian , harga dan berbagai kegiatan ekonomi. Angka menjadi produk ekonomi yang mau tidak mau harus digunakan dalam pemberitaan ekonomi sebagai pemenuhan informasi. “Itu artinya, angka menjadi keharusan untuk jurnalis ekonomi. Tanpa angka, berita ekonomi terkesan tidak ada apa-apanya,” jelas Budoyo.
Namun, lanjutnya, dalam tiga persyaratan yang dimiliki tersebut, terdapat sebuah kewajiban yang harus diemban oleh jurnalis ekonomi yaitu harus membangun kepercayaan. “Kepercayaan yang dimaksud adalah selalu menyampaikan informasi yang benar dan bertanggungjawab,” jelasnya. Berkaitan dengan kepercayaan itu, maka angka-angka yang akan menjadi bahan penulisan berita jurrnalis akan tersampaikan secara akurat. “Kepercayaan juga dibutuhkan pada analisis yang kita lakukan, agar tulisan kita bisa kredibel dan berguna,” jelasnya lagi.(mercusuar.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: