Rob Ancam Empang dan Persawahan Warga Tolai Barat

TORUE, SULTENGEKSPRES — Areal empang dan persawahan warga di Tolai Barat, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah terancam rob. Beberapa hektare empang dan sawah milik warga setempat yang memang berada di pesisir terdampak air pasang. Lapak-lapak warga di Pantai Sari juga terancam.

Untuk mengantisipasi rob itu, warga dari 5 dusun di Tolai Barat membuat tanggul dari karung berisi pasir. Karung berisi pasir disusun dua dan dipasang sepanjang 400 meter di pesisir pantai.

“Warga yang melakukan kerja bakti kami bagi menjadi lima kelompok. Sesuai dengan dusun yang ada di desa kami, sebanyak lima dusun. Kemudian, untuk setiap warga, diwajibkan membawa lima lembar karung plastik, untuk diisi pasir,“ kata Kepala Desa Tolai Barat, I Made Adi Swiadnya, kepada SultengEkspres.Com.

Menurut Adi, ini untuk antisipasi jangka pendek saja. Warga berharap, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dapat membuat tanggul sepanjang pantai tempat wisata itu.

“Daya tahan tanggul karung pasir ini bisa jadi tahan dua bulan saja. Semoga saja, pemerintah memperhatikan kondisi ini, kasihan empang dan sawah warga, dan juga lapak warga,” sebut dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: