Penyuluh Kehutanan Se Sulteng Kunjungi Hutan Desa Lampo

DONGGALA, | Penyuluh Kehutanan se-Provinsi Sulawesi Tengah mengunjungi areal Hutan Desa Lampo di Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Kamis (27/10/2016).

Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat langsung lokasi perhutanan sosial serta untuk berbagi pengalaman dengan masyarakat desa Lampo dalam mengusulkan skema hutan desa.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan pelatihan bagi penyuluh kehutanan yang dilaksanakan oleh Pusat Penyuluhan (Pusluh) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Anton suhartono dari Pusluh, mengungkapkan kunjungan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pengetahuan bagi penyuluh dalam melaksanakan fasilitasi skema perhutanan sosial ke depannya antara lain hutan desa (HD) dan hutan kemasyarakatan (HKm).

Penyuluh kehutanan merupakan garda terdepan bagi Dinas Kehutanan sebagai pendamping kelompok tani hutan/masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan kehutanan di daerah, karenanya penyuluh kehutanan diharapkan dapat berkontribusi dalam mendukung percepatan perhutanan sosial di Sulawesi Tengah.

Dalam kunjungan tersebut para penyuluh berdiskusi dengan pengurus Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Lampo terkait inisiatif dan proses pengusulan hutan desa oleh masyarakat. Selain itu, mereka juga melihat langsung areal penanaman pohon yang menjadi lokasi rehabilitasi hutan dengan pohon durian, nantu, palapi dan mahoni.

LPHD Lampo juga menunjukan areal agroforestri dan lokasi air terjun yang ada di kawasan hutan desa. Mereka berharap dengan kunjungan ini bisa membuka ruang komunikasi dan ruang belajar bersama penyuluh kedepannya, terutama dalam memanfaatkan dan mengembangkan potensi yang terdapat di kawasan hutan desa.

“Kami berharap melalui kunjungan ini, ke depannya kami bisa banyak berkomunikasi dan belajar dari teman-teman penyuluh, terutama dalam mengelola dan mengembangkan potensi yang ada di hutan desa kami,” ujar ketua LPHD Lampo, Ruspan.

Senada dengan itu, Kepala Desa Lampo Tasnudin menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah yang telah memfasilitasi kunjungan para penyuluh ke desanya, harapannya ke depan peran penyuluh dalam mendampingi perhutanan social semakin besar terutama di Desa Lampo. (beritapalu.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: