Terumbu Karang Pulau Sonit Teracam Habis

Balut, – Pulau Sonit Kecamatan Bokan Kepulauan Kabupaten Banggai Laut memang menyimpan banyak potensi alam. Bukan saja minyak buminya, namun hasil lautnya pun melimpah seperti Ikan, kerang Mata Tujuh (Ablone) serta terumbu karangnya yang indah. Sayang potensi lautnya yang begitu menjanjikan teracam hilang diakibatkan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. Salah satu potensi laut yang diprediksikan hilang yakni keindahan terumbuh karang.

Salah satu tokoh Muda Desa Sonit Amry saat dihubungi melalui akun media sosialnya mengatakan terumbu karang yang ada di desa tiap harinya mengalami kerusakan akibat pengeboman yabg dilakukan oleh warga yang tidak mengerti pentingnya keberlangsungan terumbu karang.

“Di ujung selatan, pulau Sonit yg kita namakan (Senggolang). Dulu disitu adalah tempatnya terumbu karang yg cukup luas. Tapi skrang hanya tinggal patahan-patahan karang putih yang mendangkal. Satu lagi di bagian utara juga terdapat terumbung karang yang mulai masuk pada tahap perkembangan. Namun sayang, hal ini akan bernasip sama jika tidak segera diatasi,” ungkap Amry, Minggu 23 Oktober 2016.

Sebagai masyarakat biasa, Amry hanya bisa berharap agar ada langkah yang bisa diambil oleh pemangku kebijakan mulai dari tingkat Desa sampai Kabupaten, jika hal ini hanya didiamkan saja takutnya apa yang saat ini terjadi akan lebih parah dan akhirnya potensi laut Sonit hanya menjadi cerita bagi penerus.

“Warisan budaya dan kekayaan alam yang dimiliki oleh kita khusus di pulau Sonit harus dijaga. Sehinga terus dapat dinikmati oleh generasi penerus kita. Tapi hal semacam ini kurang dilakukan. Perilaku konsumtif sebagian para pendahulu kita menyebabkan kemiskinan yang terus berkepanjangan dan jika pemerintah tidak secepatnya melakukan tindakan yang agresif maka potensi Pulau Sonit bisa jadi hanya menjadi donggen anak-anak kedepan,” tandas Amry.

Ternyata kerusakan terumbu karang di Kabupaten Banggai Laut bukan hanya saja terjadi di Pulau Sonit saja, namun hampir disemua titik-titik potensi terumbu karang yang ada di Banggai Laut.

Tim Survei Terumbu Karang Dinas Kelautan dan Perikanan Balut saat melakukan survei terumbu karang mengatakan, memang terumbu karang yang ada di Kabupaten Balut pada kondisi memprihantikan meskipun memang masih ada beberapa titik lokasu terumbu karang yang masih dikategorikan baik.

“Pemda harus cepat mengambil langkah tegas agar kondisi terumbu karang kita belum memasuki pada kondisi kritis,meskipun memang masih ada titik-titik yang bisa menjadi primadona, namun lebih banyak yang rusak dan ini menjadi perhatian kita semua bukan hanya saja dinas Kelautan dan Perikanan tapi seluruh elemen masyarakat,” terang Ketua Survei Terumbu Karang DKP Balut Budi.(metrosulawesi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: