Banjir Lumpur Terjang Dua Kelurahan Di Palu

Palu, – Ratusan rumah di Kelurahan Silae dan Tipo, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi Tengah, diterjang banjir disertai material lumpur, Selasa dinihari, yang menimbulkan kerugian material puluhan juta rupiah tetapi tidak ada korban jiwa.

Husni (40), salah seorang warga di lokasi Kelurahan Silae menjelaskan, Selasa, kejadian itu bermula saat wilayah tersebut diguyur hujan lebat sekitar tujuh jam lamanya, sehingga air sungai meluap dan merendam rumah warga.

“Sungainya tiba-tiba meluap dan menggenangi rumah warga, airnya berwarna coklat,” ungkap Husni kepada wartawan.

Pemantauan di lokasi kejadian pada Selasa pagi, warga di dua kelurahan itu masih sibuk membersihkan material lumpur di dalam rumah mereka dan drainase di sekitar rumah yang tertutup lumpur dan material lainnya.

Selain itu, lumpur juga menumpuk di Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Kota Palu dan Kabupaten Donggala di wilayah itu, sempat menyebabkan kemacetan hingga tiga kilometer, namun hal tersebut berhasil ditangani oleh Pemerintah Kota Palu dengan mengerahkan sebuah excavator ke lokasi.

“Sejak Selasa pagi Pemkot Palu telah mengerahkan alat berat untuk mengangkut tumpukan lumpur dari badan jalan,” kata pelaksana tugas Kepala BPBD Kota Palu, Asri di lokasi.

Bencana tersebut juga melumpuhkan aktivitas salah satu hotel ternama Kota Palu yang terletak di wilayah itu karena material lumpur menumpuk di seluruh halaman dan parkiran hotel.  (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: