Menjalankan Undang-Undang, Membangun Relasi Positif dengan Media

PALU, — Kepala Kepolisian Resor Palu AKBP Basya Radyananda, Kamis, 29 September 2016 siang menyambangi Kantor Aliansi Jurnalis Independen Kota Palu, di Jalan Rajawali Nompr 28, Lolu Utara, Palu Timur. Basya yang pada Jumat, 30 September 2016 besok akan menempati jabatan baru sebagai Wakil Kepala Satuan Brimob Polda Sulteng disambut oleh Muhammad Iqbal Rasyid, Ketua AJI Palu dan sejumlah jurnalis.

Seperti biasanya, Kapolres Basya yang sangat akrab dengan para jurnalis di Kota Palu ini terlihat selalu santai. Perbincangan informal terkait bagaimana posisi Kepolisian dalam hubungannya dengan kerja-kerja jurnalistik mengalir lancar.

“Saya hanya menjalankan amanat undang-undang keterbukaan informasi publik. Saya ingin hal-hal positif yang dilakukan Kepolisian dalam hal pemeliharaan keamanan dan ketertiban, pengayoman serta perlindungan masyarakat juga penegakan hukum dapat tersiar luas dan diketahui masyarakat luas melalui media massa. Secara pribadi saya juga membangun relasi sosial yang positif dan saling menguntungkan antara Kepolisian yang saya pimpin dengan media massa juga awaknya,” jelas Basya.

Menyahuti hal itu, Ketua AJI Palu, Iqbal Rasyid menyatakan bahwa pola komunikasi massa dengan awak media dan media massa yang sudah dilakukan jajaran Kepolisian Resor Palu adalah hal yang sangat positif.

“Pola komunikasi seperti ini baru Kapolres Palu yang melakukannya. Bila di satuan lain terkesan insidentil, maka di Polres Palu segala peristiwa dapat langsung diketahui dan dicover oleh awak media seketika karena lancarnya komunikasi. Materi press release berupa naskah berita dan foto sudah dapat diakses langsung oleh awak media tidak berapa lama setelah adanya peristiwa. Ini baru dilakukan oleh Polres Palu,” sambut Iqbal.

Kedatangan perwira menengah kelahiran Jakarta, 20 Februari 1974 itu ke Kantor AJI Palu, selain mengomunikasikan sejumlah gagasan dan pengalamannya berinteraksi dengan awak media, Ia juga sekaligus berpamitan. Sebab, per 1 Oktober 2016, Basya akan berpindah ke Markas Satuan Brimob Polda Sulteng. Mantan Kepala Detasemen C Satuan III Pelopor Korbrimob Polri ini akan menjadi Wakil Kepala Sat Brimobda Sulteng.(sulteng ekpres)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: