Ratusan Hektar Sawah di Parigi Selatan Terancam Kekeringan

PARMOUT, – Ratusan hektar sawah di wilayah Kecamatan Parigi Selatan terancam mengalami kekeringan. Hal itu disebabkan adanya rencana Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) yang akan menutup total pintu air sungai di wilayah tersebut, dalam rangka perbaikan saluran irigasi.

Ketua kelompok tani Desa Boyantongo, Muhammad Izam menyesalkan rencana perbaikan saluran irigasi itu.

Menurutnya, seharusnya pekerjaan perbaikan saluran irigasi tidak dilakukan  disaat petani sudah terlanjur mengatur jadwal penanaman. Pada bulan Oktober depan, petani sangat membutuhkan aliran air  untuk menggarap sawah.

“Seharusnya pihak dinas terkait berkoordinasi dengan kami sebelum melaksanakan kegiatan penutupan. kami sebagai petani sangat dirugikan karena kami sudah mengatur jadwal tanam,” ujar Izam, Minggu (25/9/2016).

Izam menambahkan, untuk mengantisipasi kekeringan tersebut, petani berencana memajukan jadwal tanam agar ketika dilakukan penutupan saluran air,  umur padi sudah tidak membutuhkan air.

Terkait hal, pihaknya kata Nizam, bersama ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Parmout akan membahas persoalan itu dengan dinas terkait dalam waktu dekat untuk mencari solusi terbaik mengatasi persoalan tersebut.

Selain itu, untuk mengantisipasi kebutuhan air pada saat penutupan pintu air, harus disiapkan peralatan pendukung seperti pompa air selama proses pekerjaan perbaikan saluran irigasi yang rencananya membutuhkan waktu selama tiga bulan.(mercusuar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: