Perambahan Hutan Makin Merajalela di Kabupaten Poso

POSO, – Kerusakan hutan di Kabupaten Poso makin nyata, seiring makin maraknya perambahan akibat pembukaan lahan perkebunan serta pembalakan liar. Pemerintah daerah lewat Dinas Kehutanan kewalahan menanganinya, bahkan saat ini perambahan hutan hampir terjadi di semua desa.

“Perambahan terjadi di hampir semua desa, bukan semata penebangan kayu tapi karena pembukaan lahan kebun yang masih menggunakan sistem ladang berpindah,” kata Kepala Dinas Kehutanan Poso, Yusak Mentara.

Untuk mengatasi masalah ini, Dinas Kehutanan hanya bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya hutan, serta melakukan patroli untuk mengatasi pembalakan liar. Beberapa kali petugas Dinas Kehutanan menemukan kayu tanpa dokumen dan mengamankannya, seperti yang dilakukan pada 31 Agustus lalu di Desa Pongge’e, Kecamatan Pamona Timur, di mana aparat keamanan gabungan Polhut Dinas Kehutanan Kabupaten Poso bersama Kodim 1307 Poso, menangkap 10 kubik kayu tanpa dokumen yang akan dijual ke wilayah Sulsel. Setelah diselidiki, kayu-kayu Pontoala ini ternyata berasal dari kawasan hutan lindung wilayah Pamona Timur.

Sebelumnya Camat Lore Selatan, S Talingkau mengatakan, penebangan hutan yang terjadi di daerahnya makin tidak terkendali, bahkan beberapa wilayah di tepi sungai Malei juga tidak luput dari aksi penebangan liar. Para pelaku penebangan liar ini beralasan, kayu-kayu yang mereka tebang dipakai buat membangun fasilitas desa.

Sayangnya hingga kini, Dinas Kehutanan tidak mengetahui secara pasti data terkait berapa luas lahan hutan yang rusak akibat aksi ini, sebab mereka tidak memiliki anggaran untuk mengukurnya. Kabupaten Poso sendiri memiliki hutan seluas 571.000 hektar.

Mengenai tidak adanya data luas hutan yang rusak, salah seorang pejabat di Dinas Kehutanan mengatakan, mereka telah berusaha mengajukan anggaran untuk melaksanakan pemetaan luas hutan yang rusak. Namun entah mengapa, upaya mereka tidak kesampaian, sebab setelah anggaran disahkan, tidak terdapat item untuk melaksanakan kegiatan itu.mercusuar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: