Bupati Donggala Perintahkan Dinas PU Normalisasi Sungai

Donggala, – Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait lainnya untuk melakukan normalisasi sejumlah sungai untuk mencegah bencana banjir.

“Salah satu penyebab terjadinya banjir selama ini adalah karena alur sungai tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya untuk tempat mengalirnya air,” kata Kasman Lassa di Donggala, Minggu.

Menurut bupati, Dinas Pekerjaan Umum harus segera menyusun rencana dan anggaran untuk penataan alur sungai agar ketika terjadi hujan di bagian hulu sungai, air tidak keluar dari alurnya yang kemudian menghantam rumah-rumah penduduk dan perkebunan, sawah atau tambak.

Saat ini, katanya, kondisi sungai di Kabupaten Donggala sangat mencemaskan karena alur sungai telah rusak.

Salah satu akibatnya, 18 rumah di Kecamatan Banawa Selatan hancur dihantam banjir saat hujan deras mengguyur daerah tersebut pada 16 September.

“Penyebab utama yang membuat banjir menghantam permukiman penduduk adalah rusaknya alur sungai serta daerah aliran sungai (DAS). Ini perlu diperbaiki kembali oleh Dinas PU,” sebutnya.

Selain mengembalikan alur, sebut Kasman, Dinas PU juga harus segera membangun talud atau dinding di sisi kiri dan kanan sungai untuk mencegah terjadinya abrasi sungai.

Ia juga meminta SKPD tersebut untuk merancang kembali jalan dan jembatan, agar posisinya lebih tinggi dari sugai.

“Ketika banjir, jembatan dan jalan kita pasti rusak, hal itu karena posisi sungai lebih tinggi ketimbang jalan dan jembatan. Akibatnya banjir menghatam rumah warga dan jembatan serta jalan raya,” urainya.

Dirinya juga meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menyusun daerah tanggap darurat serta mengatur jalur evakuasi di daerah-daerah yang dinyatakan rawan bencana.

Ini penting segera dilaksanakan untuk meminimalisasi dampak terhadap masyarakat bila bencana banjir terjadi lagi, katanya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: