BPBD Sigi Tetap Siaga Bencana Banjir

Palu, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi di Provinsi Sulawesi Tengah tetap siaga bencana karena banyak wilayah di daerah itu rawan banjir dan tanah longsor.

“Kami terus mengingatkan masyarakat di beberapa wilayah rawan bencana alam di Kabupaten Sigi agar mereka tetap waspada saat musim hujan seperti sekarang ini,”kata Kepala BPBD Sigi, Resmin Rasse, Minggu malam.

Ia mengatakan curah hujan di sejumlah wilayah di Sulteng, termasuk di Kabupaten Sigi sepanjang September 2016 ini cukup tinggi dan sangat memungkinkan terjadinya tanah longsor dan banjir.

Karena itu, pihaknya, kata dia terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat termasuk mengajak mereka untuk melakukan upaya antisipasi dengan menanam pohon-pohon yang dapat mencegah longsor dan banjir.

Bahkan, kata dia, Bupati Irwan Lapata bersama dengan Wakil Bupati Sigi, Paulina telah mencanangkan program “Sigi Hijau”.

Seluruh jajaran SKPD di Kabupaten Sigi diinstruksikan untuk mendukung dan mensukseskan program “Sigi Hijau” yang telah dicanangkan bupati dan wakil bupati Sigi tersebut.

Masyarakat diminta untuk mendukung sepenuhnya program dimaksud dengan mengajak mulai menanam pohon.

Di Kabupaten Sigi masih banyak lahan kritis yang perlu dihijaukan dengan menanam berbagai jenis pohon, termasuk tanaman produktif.

Begitu juga dengan daerah-daerah aliran sungai perlu untuk ditanami pepohonan agar tidak mudah longsor dan banjir.

Menurut dia, jika masyarakat bisa mendukung program ini, niscaya dapat mengurangi bencana alam banjir dan longsor di Kabupaten Sigi.

Wilayah di Sigi yang selama ini rawan banjir dan longsor antara lain Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro, Lindu, Gumbasa, Dolo, Dolo Selatan dan Marawola. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: