Sulteng Dukung Pemkab Donggala Kembangkan Wisata

Palu, – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mendukung Pemerintah Kabupaten Donggala untuk mengembangkan objek wisata potensial di daerah ini, untuk menjadi destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tengah Hj Siti Norma Mardjanu, di Palu, Sabtu, mengakui bahwa Donggala memiliki banyak objek wisata potensial yang dapat menjadi modal besar untuk kabupaten tersebut maupun Provinsi Sulawesi Tengah.

“Donggala memang punya banyak objek wisata yang bagus dan menarik, namun belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah kabupaten. Nah, Dinas Pariwisata Sulteng bersedia untuk membantu pengembangan wisata daerah tersebut,” kata Siti Norma pula.

Menurutnya, Pantai Kaluku (Kelapa) atau Kaluku Ntasi, Tanjung Karang, Pantai Labuana, Danau Talaga, Pulau Pasoso, Pulau Maputi, serta beberapa objek wisata bahari lainnya di Kecamatan Sojol dan Sojol Utara merupakan objek wisata yang dapat menjadi magnet bagi kabupaten tersebut.

Karena itu, Dinas Pariwisata Sulteng akan membantu Pemkab Donggala untuk mempromosikan potensi wisata bahari di daerah tersebut, agar menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai daerah ke kabupaten tersebut.

Selain itu, ujar dia lagi, Pemprov Sulteng lewat pihaknya juga akan berupaya untuk mengembangkan usaha kecil menengah dengan pengembangan wisata bahari atau wisata alam lainnya, dengan melibatkan masyarakat setempat.

“Pemprov Sulteng lewat Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkeinginan agar pengembangan wisata harus dibarengi dengan peningkatan kapasitas dan keterampilan masyarakat untuk peningkatan UKM,” kata dia.

Bupati Kabupaten Donggala Kasman Lassa menyatakan Pemkab Donggala akan segera membenahi objek-objek wisata bahari yang potensial atau dapat menjadi destinasi wisata kabupaten tersebut.

“Ya, pemerintah kabupaten akan segera mendata dan menyusun konsep pengembangan serta melengkapi infastruktur objek-objek wisata bahari yang potensial untuk dikembangkan,” kata Bupati Kasman itu pula.

Menurutnya, satuan kerja perangkat daerah terkait saat ini tengah melakukan survei lokasi-lokasi objek wisata bahari potensial di kabupaten tersebut, dan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan pembenahan lokasi.

Menurut Bupati, di Kabupaten Donggala terdapat 48 titik lokasi potensial yang dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata serta untuk kepentingan kemajuan sektor jasa, sehingga lapangan pekerjaan terbuka dan terjadi peningkatan UKM.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: