Pertumbuhan Ekonomi Sulteng Tertinggi di Kawasan Sulampua

Palu – Plt Sekretaris Daerah Pemprov Sulteng Derry B Djanggola mengungkapkan, hingga akhir triwulan satu 2016, pertumbuhan ekonomi Sulteng mencapai 11,81 persen. Capaian tersebut menurutnya menempatkan Sulawesi Tengah unggul di Kawasan Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua).

Namun Derry tidak menguraikan perbedaan persentase dengan provinsi di kawasan Sulampua lainnya. Termasuk sektor yang mendongkrak pertumbuhan ekonomi tersebut.

“Untuk dua tahun terakhir yaitu pada 2015, pertumbuhan ekonomi sebesar 15,56 persen dan pada triwulan I 2016 mencapai 11,81 persen, yang merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi di kawasan Sulampua,” ungkap Derry di Palu, Rabu 7 Agustus 2016.

Kata dia, diusia Sulawesi Tengah yang telah mencapai 52 tahun, banyak capaian pembangunan yang telah diraih. Salah satunya, seperti yang telah diungkapkan, sektor ekonomi menunjukkan tren positif dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Secara nasional, Sulteng selalu berada di atas angka pertumbuhan ekonomi pusat.

“Perlu saya informasikan, bahwa Provinsi Sulawesi Tengah memperoleh penghargaan terbaik kedua MDG’S di tahun 2013 untuk kategori laju pengurangan kemiskinan dan indeks kedalaman kemiskinan, serta penghargaan terbaik kedua MDG’S di tahun 2015 untuk kategori pengentasan kemiskinan terbaik tahun 2012-2014,” tutur Derry.

“Hasil penelitian yang dilakukan oleh Lee Kuan Yew School of Public Policynational University of Singapore menunjukkan daya saing Provinsi Sulawesi Tengah pada Tahun 2015 berada pada posisi 20, naik satu tingkat dibandingkan Tahun 2014,” tandasnya.(MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: