43 Desa Di Sigi Belum Berlistrik

Palu, – Wakil Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Paulina mengatakan hingga saat ini masih ada 43 desa di daerah itu yang belum berlistrik.

Desa-desa tersebut tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Sigi, terbanyak di Kecamatan Pipikoro, Kulawi, Kulawi Selatan, Lindu, Dolo Barat, Marawola Barat dan Kinovaro, katanya, Jumat.

Selain belum terjangkau listrik PLN, kata Wabup Paulina, juga kebanyakan belum memiliki prasana jalan yang memadai sehingga masyarakat cukup mengalami kesulitan untuk memasarkan berbagai hasil pertanian dan perkebunan.

Pemkab Sigi, dalam program lima tahun ke depan ini akan memprioritaskan pembangunan infranstruktur guna meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di wilayah-wilayah yang hingga kini belum ada listrik dan prasana jalan memadai.

Wabup Paulina berharap dalam lima tahun mendatang, paling tidak semua wilayah di Kabupaten Sigi sudah menikmati listrik PLN.

Begitu pula akses jalan semakin memadai sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan dalam memasarkan hasil-hasil panen mereka.

“Kalau akses jalannya sudah bagus, listriknya ada,niscaya ekonomi masyarakat meningkat pula,”katanya.

Salah satu kecamatan di Kabupaten Sigi yang benar-benar belum memiliki akses jalan memadai adalah Pipikoro. Jika wilayah itu diguyur hujan, jalan yang ada sangat susah dilewati kendaraan sepeda motor.

Karena selain masih jalan setapak yang hanya bisa dilewati sepeda motor atau jalan kaki, saat hujan lebat sering tertimbun tanah longsor.

Osar Loso, seorang warga di Kecamatan Pipikoro sangat berharap akan adanya akses jalan memadai dan juga listrik PLN.

Menurut dia, jika infranstruktur sudah memadai,dipastikan kehidupan masyarakat akan lebih baik dan maju seperti halnya desa atau kecamatan lain di Kabupten Sigi yang telah menikmati penerangan listrik, air bersih dan prasana jalan memadai.  (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: