Pemkot Palu Pantau Titik Banjir

Palu, – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Sulawesi Tengah, mulai melakukan pengawasan di beberapa titik yang rawan bencana banjir.

“Kami melakukan `monitoring` dibeberapa titik yang dianggap rawan bencana, utamanya kawasan pemukiman yang berdekatan dengan sungai,” ungkap Kepala BPBD Kota Palu Asri di Palu, Sabtu.

Asri mengutarakan pihaknya tidak hanya melakukan pantauan potensi bencana melainkan juga menyiapkan tenda siaga bencana di pemukiman yang berada di bantaran Sungai Palu.

Persiapan itu dilakukan untuk mempercepat langkah evakuasi terhadap korban jika terjadi banjir besar dari hulu sungai.

“Kami telah menurunkan anggota untuk memantau langsung perkembangan di lapangan, serta menyiapkan tenda di beberapa titik di pemukiman yang berada di bantaran sungai,” ujarnya.

Masyarakat diminta untuk selalu waspada terhadap potensi banjir yang kemungkinan terjadi pada musim hujan saat ini.

Kota Palu dan beberapa daerah seperti Kecamatan Kulawi, Palolo dan Lindu Kabupaten Sigi mulai diguyur hujan yang dapat menaikkan debit air Sungai Palu.

Sungai yang masuk di Kota Palu memiliki hulu yang terletak di Kabupaten Sigi sehingga apabila terjadi hujan deras di hulu maka akan berdampak kepada masyarakat Kota Palu.

“Ini yang selalu kami ingatkan ke masyarakat agar perlu waspada, karena banjir bisa datang secara tiba-tiba. Olehnya, masyarakat jangan terlena,” sebutnya.

Saat ini tim lapangan reaksi cepat penanggulangan bencana telah diturunkan di beberapa titik, untuk memantau perkembangan yang terjadi seiring hujan yang mengguyur kota tersebut.  ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: