Tokoh: Pengembangan Telaga Tambing Perhatikan Aspek Agama

Palu- Salah seorang tokoh agama Islam Sulawesi Tengah, Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag, meminta kepada Balai Taman Nasional Lore Lindu (BTNLL), untuk memperhatikan aspek agama warga setempat dan para pelancong.

Pengembangan objek wisata alam terbuka Telaga Tambing, yang terletak di antara Desa Dongi – Dongi dan Desa Sedoa Kabupaten Poso, harus memperhatikan aspek agama, katanya di Palu, Selasa.

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu itu menyebutkan, aspek agama perlu mendapat perhatian guna mengakomodir kebutuhan umat pemeluk masing-masing, khususya yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

Ia menyatakan, pemenuhan sarana dan prasana dalam pengembangan objek wisata alam terbuka tersebut harus dilengkapi dengan sarana ibadah masing-masing agama.

Hal itu, sebut dia, untuk memenuhi kebutuhan pengunjung atau masyarakat yang datang ke lokasi tersebut, yang tidak menutup kemungkinan akan mencari tempat ibadah.

Pengelolaan untuk pengembangan yang lebih baik pada Telaga Tambing harus mengakomodir aspek keagamaan, ungkap Prof. Zainal Abidin M.Ag.

Pemenuhan aspek agama dalam pengembangan Telaga Tambing, kata dia, merupakan salah satu bentuk pelayanan dari sisi keagamaan, yang diperlihatkan oleh BTNLL kepada masyarakat dilokasi tersebut.

Kepala Seksi Wilayah III Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Fery A.M Miu, mengatakan bahwa ke depan pihaknya berencana membangun dan menyediakan sarana prasana fisik untuk kepentingan pengembangan wisata di Telaga Tambing.

Pihaknya akan membangun kolam renang, penginapan sebanyak 3 unit, yang dapat difungsikan oleh pengunjung dan para peneliti di TNLL, serta penambahan toilet dan kamar mandi bagi pria dan wanita.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan pengunjung lewat ketersediaan sarana prasarana dari sisi keagamaan, yaitu dengan menyediakan tempat ibadah. ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: