Warga Desak Dishub Palu Tertibkan Jukir Liar

Palu – Warga keluhkan maraknya juru parkir liar di tempat-tempat umum di Kota Palu pada momen-momen tertentu. Mereka mendesak Dinas Perhubungan untuk segera melakukan penertiban.

menertibkan juru parkir (jukir) liar tersebut, karena dinilai bikin tak nyaman pengendara dan bahkan parahnya lagi, para juru parkir yang diduga juru parkir liar ini tidak memiliki batas waktu untuk mengutip biaya retribusi parkir kendaraan dengan tarif yang dinilai telah memberatkan masyarakat.

Kepada Metrosulawesi, salah seorang warga Jalan Garuda, Upik mengatakan bahwa keberadaan para juru parkir liar pada momen-momen tertentu seperti lebaran dan malam tahun baru lalu menyebabkan ketidaknyamanan pengendara dengan mengutip biaya retribusi melebihi tarif sehingga memberatkan masyarakat .

“Ini sudah sangat meresahkan, apalagi sampai menerapkan tarif parkir yang tinggi. Kayak mereka yang punya lahan, seenaknya pasang tarif parkir. Kasihan orang bayar sampai Rp5000 satu motor, untung betul cuma duduk-duduk tunggu motor, dapat uang,“ keluhnya.

Menurutnya, tingginya tarif parkir yang dikenakan jukir liar kepada masyarakat tidak dibarengi dengan jaminan keamanan.

“Kadang kalau ada helm atau apa yang hilang mereka tidak tau apa-apa juga. Percuma dibayar, tapi tidak ada gunanya. Tukang parkir itu harusnya jaga kendaraan yang parkir disitu. Bukan cuma bunyikan pluit dan mendekat ketika orang datang dan mau pergi,” tegasnya.

Hal senada disampaikan salah seorang warga Kelurahan Tondo, Rahmat. Menurutnya, keberadaan juru parkir liar beresiko menimbulkan gangguan kenyamanan bagi warga yang ingin bersantai di tempat-tempat umum.

“Di penggaraman, pertokoan, bahkan di mall-mall, banyak sekali itu parkir liar apalagi menjelang tahun baru dan lebaran, kadang tarif parkirnya sampai 10 ribu” tuturnya.

Ia berharap Dinas Perhubungan Kota Palu serius memperhatikan hal tersebut.

“Harus kordinasi juga dengan pihak kepolisian, soalnya sudah ada unsur premanisme, pemaksaan dan pemalakan yang sering dilakukan para juru parkir liar,” ungkapnya.ms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: