BPBD Sulteng Imbau Masyarakat Tetap Waspadai Banjir

Palu – Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah imbau masyarakat di daerah itu tetap waspada menghadapi musim hujan 2016 karena bisa menimbulkan bencana alam banjir dan tanah longsor.

“Warga yang tinggal di pinggiran sungai dan juga perbukitan tetap waspadai banjir dan tanah longsor sewaktu-waktu bisa terjadi mengancam keselamatan jiwa,” kata Kepala BPBD Sulteng, Bartholomeus Tandigala di Palu, Senin.

Ia mengatakan di beberapa daerah di Tanah Air sudah mulai dihajar banjir dan tanah longsor karena tingginya curah hujan.

Di Sulteng sendiri mulai diguyur hujan ringan sampai lebat.

Masyarakat jangan lengah, tetapi tetap waspada menghadapi musim hujan di awal 2016 ini.

Dia menambahkan jajaran BPBD di seluruh kabupaten dan kota di Sulteng telah diinstruksikan untuk siaga dan cepat melaporkan dan melakukan tindakan-tindakan darurat ke lokasi bencana jika hal itu terjadi.

“Kita harus bergerak cepat dengan sarana dan fasilitas pendukung yang dimiliki untuk memberikan bantuan jika terjadi bencana alam di daerah masing-masing,” katanya.

Namun, ia berharap Sulteng dijauhkan dari bencana alam. “Kalaupun ada bencana banjir dan tanah longsor, BPBD Sulteng sudah siap melakukan berbagai upaya pertolongan,” katanya.

Sulteng pada sepanjang 2015 tidak ada bencana alam banjir dan tanah longsor. Padahal tiga tahun berturut-turut mulai 2012-2014 di Sulteng banyak terjadi bencana banjir dan longsor.

Tetapi sepanjang 2015, Sulteng nihil bencana banjir dan longsor. Kasus yang menonjol selama 2015 adalah kebakaran lahan dan hutan akibat musim kemarau.

Mengantisipasi musim kemarau 2016, BPBD Sulteng bersama-sama dinas/instansi terkait di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng terus melakukan sosialisasi terkait mencegah kebakaran hutan di daerah ini.ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: