Arus Penumpang Di Terminal Mamboro Palu Meningkat

Palu – Arus penumpang di Terminal Mamboro dan Tipo Kota Palu pada dua hari menjelang tahun baru 2016 ke berbagai kota tujuan di dalam maupun luar wilayah Sulawesi Tengah mulai meningkat.

Pantauan Antara di Terminal Mamboro Palu, Rabu, bis angkutan kota dalam provinsi dan angkutan kota antarprovinsi (AKDP/AKAP) yang diberangkatkan pada hari ini cukup padat dibanding hari-hari sebelumnya.

Namun kepadatan arus penumpang menjelang akhir tahun itu, kata Kepala Terminal Mamboro, Irfan, tidak sepadat menjelang hari Natal 25 Desember 2015 dimana saat itu bis-bis AKDP/AKAP penuh sesak, tidak ada kursi yang kosong.

Sementara menjelang 1 Januari 2016 ini, arus penumpang meningkat, tetapi masih ada kursi yang kosong di dalam kendaraan.

Hal senada juga disampaikan Kepala Terminal Tipo Palu, Amiruddin bahwa penumpang yang diberangkatkan hari ini tujuan Mamuju dan Makassar mengalami peningkatan dari hari-hari sebelumnya.

“Semua bis yang diberangkatkan hari ini padat penumpang meski masih ada juga satu-dua kursi yang kosong,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Sulteng Hendro Surahmat mengatakan arus mudik Natal dan Tahun Baru lewat jalur darat ke berbagai kota tujuan di dalam maupun luar wilayah Sulteng kali ini mengalami peningkatan hanya sekitar 10 persen.

Peningkatan itu tidak merepotkan karena masih dapat diimbangi dengan jumlah armada AKAP/AKDP yang ada cukup memadai.

Karena itu Dishub Sulteng kali ini tidak menyediakan bis cadangan seperti yang dilakukan pada angkutan Lebaran 2015 namun semakin fokus pada pengawasan kelaikan operasi kendaraan dan kondisi pengemudi.

“Kalau saat angkutan mudik Lebaran 2015, terjadi peningkatan arus penumpang lewat jalur darat hingga 20 persen, sehingga Dishub harus menyiapkan bis-bis cadangan,” ujarnya.

Hendro juga mengaku gembira karena selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini, tidak ada laporan mengenai adanya hambatan lalulintas, bencana alam dan kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa. ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: