Penumpang Di Terminal Mamboro Cukup Padat

Palu – Tiga hari menjelang Natal 25 Desember 2015 (H-3), arus penumpang tujuan berbagai kota di luar wilayah Sulawesi Tengah menggunakan jasa transportasi darat cukup padat dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Koordinator lapangan angkutan Natal dan Tahun Baru Dinas Perhubungan Sulteng, Irsan di Palu, Rabu, membenarkan jumlah penumpang yang tiba maupun berangkat ke sejumlah kota pada hari ini meningkat dari sebelumnya.

“H-3 merupakan puncak arus mudik Natal menggunakan bis angkutan kota antarprovinsi (AKAP),” katanya.

Ia mengaku sejak 17 Desember 2015 sudah terjadi peningkatan arus mudik di Terminal Mamboro, Kecamatan Palu Utara. Namun kepadatan arus mudik baru terjadi pada H-3 Natal 2015.

Irsan tidak merinci jumlah penumpang yang diberangkatkan dalam beberapa hari ini, kecuali mengatakan semua bis yang tiba maupun diberangkatkan hari ini tujuan Manado dan Toraja (Sulsel) penuh.

“Semua kursi bis terisi. Tidak ada kursi yang kosong,” katanya.

Memang sudah diprediksikan arus mudik Natal dengan menggunakan bis AKAP tujuan luar wilayah Sulteng terjadi H-3 Natal. Sementara arus mudik Natal tujuan Palu-Poso, Palu-Luwuk, Palu-Tentena dan Palu-Morowali biasanya terjadi pada H-2 dan H-1.

Untuk trayek antarkota dalam provinsi Sulteng menggunakan bis angkutan kota dalam provinsi (AKDP).

Irsan juga mengatakan sebelum bis-bis angkutan Natal dan Tahun Baru diberangkatkan, petugas melakukan pengecekan/pemeriksaan kelengkapan dan kelaikan operasi.

“Tidak satupun bis yang tidak diperiksa,” kata dia.

Pemeriksaan dilakukan guna memastikan bahwa bis AKAP/AKDP yang beroperasi itu dalam kondisi laik jalan. ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: