12 Jurnalis Palu Lulus Seleksi AJI

Palu – 12 dari 13 jurnalis yang mengikuti seleksi penerimaan calon anggota baru Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu pada September 2015 dinyatakan lulus, 12 jurnalis tersebut adalah Nurhayati (RadarTV), Sadly (Sulteng Post), Moh Yamin (MAL), Hamid (MAL), Fauzi (MAL/ANTARA), Moh Hajiji (MAL/ANTARA), Ikram (MAL), Djunaedi (MetroSulawesi), Tahmil Burhanudin (MetroSulawesi), Hamdi Anwar (PE), Moh Ridwan (Nebula FM), dan Supriyanto (Radar Sulteng).

Sekretaris AJI Kota Palu Muhammad Sharfin melalui siaran persnya, Selasa (22/12/2015) mengatakan, satu pewarta dinyatakan tidak lulus seleksi karena tidak melengkapi berkas administrasi sesuai waktu yang ditentukan.

Meskipun 12 orang tersebut dinyatakan lulus, belum serta merta disebut sebagai anggota AJI Kota Palu karena masih ada syarat yang ditentukan lagi, yakni mereka harus membayar iuran anggota sesuai AD/ART organisasi.

“Kalau sudah membayar iuran anggota, maka mereka berhak mendapat Kartu AJI dan secara resmi diterima secara penuh sebagai anggota,” ujar Sharfin.

Dengan ketambahan 12 personil baru tersebut, maka secara keseluruhan jumlah anggota AJI Kota Palu saat ini adalah 80 orang.

Ketua AJI Palu, Riski Maruto mengatakan, sebenarnya di Sulawesi Tengah banyak jurnalis yang berminat untuk bergabung menjadi anggota AJI Kota Palu, namun setelah mempelajari AJI akhirnya mereka berguguran dengan sendirinya sebelum mendaftar.

Menjadi aktivis AJI adalah ibadah dan kerja keras, karena salah satu tujuan berdirinya AJI adalah turut memperjuangkan kesejahteraan jurnalis.

“Ini adalah tujuan mulia. Kalau ada anggota AJI yang belum sejahtera namun memperjuangkan rekannya untuk sejahtera bagaimana? Inilah yang disebut ibadah. Dengan ibadah maka akan digaji berupa kesehatan dan kemudahan bekerja oleh Allah SWT. Insha Allah,” katanya.

Para anggota baru juga diharapkan bisa menerapkan independensi saat bekerja, karena independensi itu berat, namun akan ringan jika dijalani secara prosfesional. ms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: