DPRP: Berhati-hatilah Membeli Perumahan

PALU-Berhati-hatilah dalam membeli perumahan, khususnya dalam bentuk pemukiman BTN. Peringatan ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Penataan Ruang dan Perumahan (DPRP), Singgih Prasetyo pada Sulteng Post, Senin (21/12/2015).

Singgih mengatakan peringatan itu bukan untuk menakut-nakuti bagi calon pembeli, namun agar masyarakat selaku konsumen bisa terlindungi dari transaksi yang merugikan.

Pasalnya, sebagaimana banyak diketahui, tidak sedikit konsumen di Kota Palu yang merasa dirugikan tatkala mereka membeli rumah BTN, akibat adanya ulah-ulah developer nakal atau yang hanya mencari keuntungan.

Kerugian tersebut jelas Singgih, ada dalam banyak bentuk. Misalnya, masyarakat selaku pembeli menemukan kualitas bangunan yang tidak memenuhi standar, berbeda dengan janji developer yang tertera di brosur.

Selain itu, yang paling berat adalah masalah sertifikat tanah. Atas pengalaman tersebut, Singgih mengimbau agar masyarakat Kota Palu yang ingin membeli perumahan seperti BTN, harus dapat mengetahui jelas seluruh spesifikasinya. Termasuk fasilitas pemukiman BTN, misalnya jalan, kualitas bangunannya, jalan serta air serta prasarana lingkungganya, termasuk drainasenya.

”Karena tidak sedikit masyarakat yang membeli rumah tidak sesuai dengan brosur. Dan terkadang banyak juga developer yang tidak mau tahu setelah dibayar,” katanya.

Singgih mengakui, memang terkadang ada perumahan yang mendapatkan subsidi pemerintah, misalnya untuk sarana prasarananya. Namun terkadang pengembang yang mendapatkan subsidi di bawah harga jual rumah Rp120 Juta.

“Pemerintah kadang membuatkan jalan serta drainase jika harga rumah itu murah misalnya di bawah 120 juta atau tipe 36. Namun di atas itu, maka terkadang pengembangnya yang harus menyediakan saran prasarananya,” tegasnya.

Ia juga mengimbau bagi developer atau pengembang yang membangun atau berbisnis perumahan di lahan yang luasnya di atas 1 hektare saat ini, wajib menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH), selain sarana prasarananya. SULTENGPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: