Arus Penumpang Natal di Palu Belum Masuk Puncak Kepadatan

Palu – Arus penumpang mudik Natal dan Tahun Baru melalui jalur darat di Palu, Sulawesi Tengah tampak mulai mengalir, tetapi belum memasuki puncak kepadatan.

Di Terminal Induk Mamboro Palu Utara, Selasa, penumpang yang tiba maupun diberangkatkan dalam tiga hari ini mulai mengalami peningkatan dari sebelumnya.

“Yang terlihat meningkat adalah penumpang antarkota antarprovinsi (AKAP) tujuan Palu-Manado dan Palu-Toraja,” kata Kepala Terminal Induk Mamboro Palu Utara Irfan.

Kedua kota di Sulut dan Sulsel tersebut merupakan kantong penduduk Kristen sehingga menjelang Natal dan Tahun Baru, biasanya banyak warga yang tinggal di Kota Palu pulang untuk merayakan Natal bersama keluarga mereka.

Berbeda dengan Lebaran, justru penumpang dari Palu menuju Manado dan Toraja tidak mengalami peningkatan.

Kecuali jalur Palu-Makassar, Palu-Gorontalo, penumpang dipastikan membludak karena merupakan kantong muslim.

Irfan menegaskan untuk mengantisipasi dan demi kelancaran angkutan Natal dan Tahun Baru, khususnya darat, pihaknya memberi perhatian besar terhadap keselamatan penumpang.

Keselamatan penumpang menjadi prioritas dalam angkutan Natal dan Tahun Baru. Karena itu, kata dia, sebelum bis diberangkatkan petugas wajib memeriksa seluruh kondisi fisik dan juga kelangkapan kendaraan.

Hal itu untuk memastikan bahwa bis tersebut layak beroperasi mengangkut penumpang mudik Natal dan Tahun Baru.

“Kami tidak akan memberangkatkan bus yang tidak laik jalan,” kata dia.

Hal senada juga ditegaskan Kepala Terminal Tipo, Amiruddin. Terminal Tipo yang terletak di Kecamatan Ulujadi melayani trayek AKAP tujuan Palu-Sulbar.

Ia juga mengaku dalam beberapa hari ini arus penumpang sedikitnya meningkat dari hari-hari sebelumnya.

Namun peningkatan belum mencapai puncaknya.ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: