FKUB Minta Tingkatkan Kehidupan Kerukunan Umat Beragama

Palu – Ketua Forum Komunikasi Antar Umat Beragama Kota Palu Ismail Pengeran meminta kepada seluruh umat beragama agar menyolidkan dan meningkatkan kehidupan kerukunan antar umat beragama menjelang Natal dan Tahun Baru 2016.

“Kita harus terus memelihara kerukunan antarumat beragama di Kota Palu ini sehingga bisa menjadi contoh kehidupan umat beragama di Indonesia,” kata Ismail di Palu, Senin, menanggapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 bagi umat Kristiani di ibukota provinsi Sulawesi Tengah itu.

Islam mengatakan membangun kerukunan antarumat beragama tidak saja menjadi tanggungjawab FKUB, tetapi tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa.

Oleh sebab itu, kata Ismail, para pimpinan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan serta pimpinan umat beragama untuk terus melakukan sosialisasi kepada pemeluk agama.

“Khususnya di kalangan pemuda perlu mempersiapkan diri sejak dini,” kata Ismail.

Sementara itu Pimpinan Gereja GKST Karanjalembah Kota Palu Pdt Nurna Tokeda mengatakan kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan kebutuhan prinsip dan semua orang butuh hidup damai.

“Maka semua orang pasti akan mengupayakannya, menjalin hubungan yang baik antarsesama,” katanya.

Menurut Nurna, salah satu tema yang akan diusung pada pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2016 adalah kerendahan setiap umat Kristiani.

Dalam kerendahan hati itulah, kata Nurna, akan lahir kebersamaan sehingga umat dalam kehidupan bermasyarakat akan mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi.

Dia mengatakan para pimpinan agama harus terus menyosialisasikan kerukunan umat beragama sehingga dengan begitu kedamaian bisa diwujudkan.

Program gereja, kata Nurna, telah diarahkan pada sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan kehidupan sosial dan lingkungan seperti menanam pohon bersama, jalan santai dan membersihkan lingkungan sekitar secara bersama pula.ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: