KPU Poso Siapkan Logistik Pilkada

POSO-Pasca proses sortir dan pelipatan lembar surat suara, Sabtu (28/11), KPU Poso mulai memasuki penyiapan semua kebutuhan logistik pilkada seperti tinta, gembok plus anak kuncinya, paku, tanda pengenal petugas TPS, saksi dan KPPS, amplop, spidol, lem kertas, kantung plastik termasuk 962 kotak surat suara.

Adapun untuk lembar surat suara, sementara ini masih diamankan dalam kantor KPU Poso. Dikatakan salah seorang komisioner, Iwan Ahmad bahwa yang saat ini dilakukan adalah pengesetan kotak suara serta logistik lainnya.

“Yang kami lakukan hari ini, baru sebatas penyiapan kotak suara termasuk semua kebutuhan logistik Pilkada di masing-masing TPS yang ada di daerah ini. untuk lembar surat suara Pilkada baik pemilihan Gubernur / Wakil Gubernur Sulteng serta Bupati / Wakil Bupati Poso masih diamankan di kantor KPU” jelas Iwan saat ditemui media ini, ahad (29/11).

Menjawab pertanyaan media ini terkait lembar surat suara Pilkada yang ditemukan dalam kondisi rusak saat proses sortir dan pelipatan, Iwan menjawab bahwa untuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng ada sebanyak 38 lembar surat suara. Sedangkan untuk Pilkada Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Poso, ditemukan sebanyak 324 lembar surat suara.

”Semuanya sepengetahuan Panwasli Poso dan telah kami dibuatkan berita acarannya,” ucapnya.

Iwan juga menjelaskan soal adanya kekurangan sebanyak 790 lembar surat suara Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Poso. Jumlah tersebut selain memang kurang pada saat penyerahan antara pihak PT Makassar Grafitia dengan KPU juga sudah termasuk dengan 324 lembar surat suara yang ditemukan rusak saat penyortiran dilakukan.

”Semua kekurangan ini, termasuk semua jenis formulir dan 2.000 lembar surat suara pemilihan ulang, telah dijemput oleh salah seorang staf sekretariat KPU Poso di Makassar. Dan bisa tiba di Poso besok Senin (hari ini),” tegas Iwan.SULTENGPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: