Desember, 77 Desa di Donggala Pilkades Serentak

DONGGALA- Direncanakan pada 19 Desember tahun 2015 bulan depan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 77 desa di wilayah itu.

“Ini penyelenggaraan pilkades yang pertama di Dongala. Kita sudah gelar rapat koordinasi bagaimana caranya dalam pilkades ini bisa berjalan aman,” kata Asisten I Pemkab Donggala Moh. Yusuf Lamakampali, Sabtu (28/11) lalu.

Dalam pemilihan kepala desa pertama sepanjang sejarah di Donggala tersebut juga Pemkab Donggala mengaku siap memfasilitasi tempat pemilihan nantinya.

“Contohnya, misalnya pihak panitia pemilu mau pinjam tempat untuk dijadikan tempat pemungutan suara seperti sekolah misalnya, atau lain-lain. Kita akan kasih,” tambahnya.

Selain itu Pemkab Donggala juga siap memfasilitasi soal keamanan dalam pilkades mendatang, seperti berkoordinasi dengan kepolisian jika terjadi kekacauan dari masing-masing tim.

“Tapi kita semua berharap pilkades nanti bisa berjalan lancar dan aman. Potensi koflik ada biasanya potesi konflik terjadi karena banak calon, misalnya ada di atas lima calon kepala desa itu potensi kekacaua,” jelasnya.

Dia mengatakan bukan Pemkab yang langsung menangani namun Pemkab memberikan informasi kepada lembaga-lembaga yang menangani atau pihak terkait.

Informasi yang diterima pihak pemkab bahkan ada salah satu desa di Pantai Barat, Desa Masaingi tercatat memiliki sebanyak 10 calon kepala desa. Hal ini tidak menutup kemungkinan mengundang kekacauan di desa saat pilkades.
“Itu kan potensi (konflik) dalam aturan seharusnya hanya lima calon kepala desa. Seharusnya panitia harus menseleksi bagaimana dari 10 calon bisa dijadikan lima calon,” pintanya.
“19 Desember itu tahap satu pilkades Donggala dari enam tahun. Yang jelas kita berharap bagaimana pemilihan kades ini bisa berjalan lancar,” harapnya.SULTENGPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: