Akibat Kebakaran, Petani Donggala Rugi Hingga Miliaran

DONGGALA-Petani di wilayah Donggala Utara, Kabupaten Donggala mengalami kerugian hingga miliaran rupiah akibat kebakaran yang terjadi dalam kurun waktu tiga pekan terakhir.

“Paling parah itu terjadi di Desa Kambayang, Kecamatan Dampelas. Sekitar 1.200 pohon cengkeh dan 300 lebih pohon pala dan kelapa terbakar,” kata Camat Dampelas Arif Panungkul saat dihubungi dari Palu, Kamis sore, terkait kebakaran yang terjadi di wilayahnya.

Dia mengatakan pada waktu yang hampir bersamaan kebakaran lahan kebun dan hutan terjadi di sejumlah desa seperti Desa Kambayang, Rerang, Parisan, Long dan Talaga.

“Di Desa Long sekitar 60 persen dari 30 ribu pohon kayu palapi dan nantu terbakar,” kata Arif.

Demikian halnya di Desa Rerang sekitar 300 pohon cengkeh dan kelapa dalam milik masyarakat setempat terbakar.

Begitu juga di Desa Parisan juga terdapat ratusan cengkeh dan kelapa dalam dilahap api.

“Umumnya pohon cengkeh yang terbakar itu sudah mulai berbuah,” katanya.

Arif mengatakan baru setelah hujan mengguyur wilayah itu pada Sabtu (24/10) maka titik-titik kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah desa sudah padam total hingga saat ini.

“Laporan taksiran total kerugian sementara kami susun. Ini bisa mencapai miliaran rupiah,” katanya.

Menurut Arif, transaksi jula beli pohon cengkeh di wilayahnya berkisar Rp1 juta hingga Rp1,5 juta perpohon sedangkan kelapa dalam berkisar Rp400 ribu sampai Rp500 ribu perpohon.

“Kalau pohon pala belum bisa kita taksir harganya karena ini tanaman baru bagi masyarakat. Tetapi perkiraan kami tidak kurang dari Rp500 ribu perpohon,” katanya.

Menurut Arif, dalam lima tahun terakhir petani di wilayahnya sedang giat menanam melalui program PCKB (pala, cengkeh, kayu-kayuan dan buah).

Program itu kata dia merupakan program kecamatan yang sosialisasinya digalakkan dalam lima tahun terakhir sejak dirinya menjawab Camat Dampelas pada 2010. ANTDONGGALA-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: