Pemprov Sulteng Genjot Pembangunan Irigasi

Palu – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Sulawesi Tengah terus menggenjot pembangunan irigasi di Sulawesi Tengah. Pembangunan irigasi terus dilakukan agar wilayah pertanian di Sulteng terus mendapatkan hasil panen pertanian maksimal dan berkualitas.

“Untuk menjaga ketahanan pangan, irigasi harus terus dibangun di Sulteng agar petani dapat meningkatkan hasil panennya,” kata Kadis Sumber Daya Air (SDA) Sulteng Saliman Simanjuntak belum lama ini.

Ia menambahkan, pemerintah pusat setiap tahunnya menggelontorkan anggaran puluhan miliar untuk pembangunan dan perbaikan irigasi, agar petani dapat meningkatkan hasil pertaniannya.

“Puluhan miliar bantuan pemerintah pusat ini semata untuk bangun irigasi,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, sangat baik bidang pertanian di kembangkan.

“Apabila pertanian kita baik dan berkembang dapat meningkatkan ketahanan pangan di tanah air,” urainya.

Anggaran untuk pembangunan dan perbaikan irigasi pada Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) SDA, akan terus turun ke daerah, karena daerah membutuhkan banyak pembangunan irigasi.

Saliman berharap, agar 2016 nanti pemerintah pusat. Khususnya Kementerian PU, dapat memberikan perhatian khusus dengan mengalokasikan kembali anggaran kepada Pemprov untuk mengelola irigasi yang belum terbangun.

“Semoga kedepan, 2016 Kementerian Pekerjaan Umum, kembali mengalokasikan bantuan anggaran untuk pembangunan irigasi di Sulteng agar petani kita semakin berkembang dan maju,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: