Kemarau, Petani di Sunju Tetap Bercocok Tanam

IGI, PE- Musim kemarau tidak menghalangi petani di desa Sunju Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi, untuk bercocok tanam. Mereka tetap menanam padi meski panas melanda wilayah mereka.

Pantauan Palu Ekspres, di Desa Sunju Kecamatan Marawola, Selasa 6 Oktober, sebagian besar petani mulai kembali mengola sawah mereka untuk ditanami padi kembali. Selain padi, mereka juga menanam sayur-sayuran. “ Kami tetap menanam, meski kemarau panjang telah mengakibatkan kekeringan air yang begitu drastis, “ kata Yulin, salah seorang petani di desa Sunju Kecamartan Marawola, Selasa 6 Oktober.

Yulin menjelaskan, musim tanam sebelumnya banyak petani di desanya mengalami gagal panen karena kemarau panjang. Hanya sebagian kecil saja katanya, petani yang berhasil. “Tapi hasilnya kurang memuaskan dibandingkan panen sebelumnya,” jelas Yulin.

Yulin mengatakan, warga di desa itu rata-rata bergantung dari hasil pertanian, seperti padi dan sayur-sayuran. Selain sawah, lahan perkebunan di desa itu juga membutuhkan air. “Tetapi kami bersyukur, semalam ada hujan,” pungkas Yulin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: