Uang Jasa Pengelolaan Air Bersih Dipertanyakan

SIGI-Kemarau panjang yang menerpa hampir di semua daerah menyebabkan warga di Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi kesulitan mendapatkan air bersih.

Salah seorang warga Desa Bora, Ahyan (42) yang juga Ketua RT 1,Dusun 1 desa setempat mempertanyakan uang jasa pengelolaan air bersih yang dipungut Pemerintah Desa setempat.

“Kami minta pemerintah desa untuk melaporkan penggunaan jasa pungut air bersih sebesar Rp 1 juta perbulan dari instansi perkantoran dan Rp 10 ribu perbulan dari warga,” kata Ahyan, Senin, (5/10) di Bora.
Menurutnya, pengelolaan air bersih yang berada di Desa Bora telah diatur dalam Peraturan Desa (Perdes) setempat yang sebenarnya dalam Perdes tersebut kebutuhan air bersih hanya diperuntukan bagi warganya.

Disamping itu, kata Ahyan, dalam Perdes memerintahkan agar setiap tiga bulan sekali diadakan rapat umum agar pemerintah desa dapat memberikan laporan keuangan pada warganya.

“Kemana semua itu uang iuran air bersih, sampai sekarang belum pernah ada rapat umum, penyaluran air bersih ke kantor-kantor pemerintah menyebabkan kurangnya pasokan air ke warga, mestinya pemerintah desa rapat dulu dengan warga sebelum memutuskan menyalurkannya ke kantor-kantor pemerintah,” ujar Ahyan.

Sementara itu, menanggapi sorotan warganya, Kepala Desa Bora, Kusmayadi menjelaskan bahwa penyaluran air bersih ke kantor-kantor pemerintah dilakukan karena adanya permintaan dari pemerintah setempat.

“Waktu itu saya diajak rapat sama asisten III dan pak Camat, diputuskanlah penyaluran air bersih ke enam kantor pemerintah dengan iuran Rp 250 ribu per bulan, jadi semuanya Rp 1.500 perbulan, bukan Rp 1 juta perkantor,” kata Kusmayadi.

Menurutnya, dari semua jasa pungut itu digunakan untuk honor enam orang pengelola dan biaya perawatan dan pemeliharaan pipa jika ada yang rusak.

“Sebenarnya masalah ini sudah pernah saya laporkan ke DPRD setempat saat warga mempertanyakan masalah pengelolaan air bersih,” ujar Kusmayadi.(palu sulteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: