Selama Dua Hari, OJK Gelar Pendidikan Jurnalistik Keuangan

PALU-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Pendidikan Jurnalistik Keuangan yang dilaksanakan selama dua hari, dimulakan Rabu (7/10/2015) hingga Kamis (8/10/2015) di Swissbel Hotel Palu.

Kegiatan yang diikuti puluhan jurnalis dari dua kota, yakni Kota Palu dan Gorontalo, bertujuan untuk mengedukasi wartawan yang menjadi ujung tombak untuk menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

Menurut Deputi Direktur dan Pelayanan Informasi OJK M Ismail Riyadi, kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya mendorong kualitas jurnalisme di Indonesia, yang memegang peranan penting dalam mendistribusikan dan mengedukasi masyarakat atas sebuah informasi.

“Mudah-mudahan ini bisa jadi bagian usaha OJK dalam mendorong kegiatan jurnalisme di Indonesia,” kata Slamet, Senin (5/10/2015) malam.

Narasumber Pendidikan Jurnalistik Keuangan OJK untuk wartawan daerah adalah Kepala Departemen Perlindungan Konsumen, Direktur Stabilitas Sistem Keuangan, Direktur Pengaturan dan Penelitian Perbankan, Direktur Pengaturan Penelitian dan Pengembangan IKNB dan Direktur Pengaturan Pasar Modal serta Praktisi media.

Pada pendidikan ini, ditiap sesinya akan dipaparkan materi yang berkaitan dengan perbankan, sistem ekonomi dan keuangan di Indonesia, Industri Keuangan Non Bank (IKNB), pasar modal serta edukasi dan perlindungan konsumen.

Lebih lanjut Slamet mengatakan, selama ini tugas dan fungsi yang dimiliki OJK sedemikian besar dan luas berdampak pada hajat hidup orang banyak, sehingga dalam menjalankan fungsinya, OJK mewajibkan dirinya untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang peranannya dalam menjaga sektor keuangan, agar berjalan dalam tatanan yang baik, sehat, aman dan memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Karenanya, edukasi terhadap awak media (wartawan) menjadi sangat penting. Tidak hanya untuk menyampaikan pemberitaan tapi juga menyampaikan isi dan pesan berita secara baik dan benar,” jelas Slamet.*/ROA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: