Selama Pemeliharaan Mesin, PLTA Sulewana Jamin Tak Ada Pemadaman

POSO-Pihak Pembangkit ListriK Tenaga Air (PLTA) Sulewana Poso menyatakan, tidak ada pemadaman listrik selama pemeliharaan tiga unit mesin yang ada dalam areal PT Poso Energy.

Dari tiga unit mesin yang ada, setidaknya telah mensuplai daya listrik sebesar 18 mega watt untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Sulteng termasuk di Poso.

Humas PLTA Sulewana, Aslori saat dikonfirmasi media ini, Jumat (2/10) 2015 membantah adanya informasi yang berkembang terkait pemerliharaan mesin yang akan berujung pada pemadaman listrik.

Menurutnya, kegiatan pemeliharaan atau servis mesin yang ada di areal PLTA sudah merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan setiap tahunnya.

“Rencananya, pertengahan Oktober ini ada pemeliharaan mesin, akan tetapi itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan jaringan listrik yang ada di PLN Rayon Poso, intinya tidak ada pemadaman,’’ ujar Aslori.

Sebagai jaminan, Aslori bahkan menjelaskan jika pemeliharaan yang dilakukan terhadap tiga unit mesin tersebut tidak sekaligus, melainkan secara bertahap dalam waktu paling lama satu minggu dengan menggunakan tenaga teknisi yang sudah berpengalaman.

Dia mengaku, pihak PLTA akan berupaya memaksimalkan pelayanan pasokan listrik dari PLTA ke PLN Poso pasca aliran listrik yang baru menyala dan dinikmati warga akibat kerusakan tower beberapa waktu lalu.

“Ini adalah pemeliharaan rutin yang tiap tahun kita lakukan,dan sebelumnya tidak pernah kita melakukan pemadaman saat kegiatan berlangsung,’’ jelas Aslori yang dikonfirmasi via telepon.

Sebelumnya, berkembang isu pemadaman listrik kembali untuk wilayah Kabupaten Poso, Parigi dan Palu pada pertengahan Oktober ini akibat pemeliharaan mesin yang dilakukan oleh PLTA Sulewana.
Bahkan informasi pemadaman bergilir tersebut, ikut diamini oleh pihak PLN Rayon Poso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: