BLHD Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Roda Empat

Palu, – Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Sulawesi Tengah (Sulteng), Dinas perhubungan dibantu pihak kepolisian gelar uji emisi gas buang kendaraan roda empat berbahan bakar Premium dan Solar, di tiga lokasi berbeda yang akan dilaksanakan selama tiga hari, terhitung sejak selasa (29/9/2015).

Kegiatan ini menargetkan memeriksa 1000-1200 kendaraan, hari pertama dilaksanakan di lapangan vatulemo, hari kedua di jalan Diponegoro, dan hari ketiga di Jalan RE Martadinata.

Kabid Pemantauan dan Konservasi Sumber Daya Alam LBHDSulteng Abdul Rahman kepada wartawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengevaluasi kualitas udara perkotaan yang pelaksanaanya sejak tahun 2012, dan kali ini merupakan tahun ke empat.

“Pengujian mencangkup emisi gas buang kendaraan, kinerja, kualitas udara kota dan kualitas bahan bakar. Tahun ini pemeriksaan tidak melihat tahun keluaran kendaraan itu,” katanya.

Dia juga mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup 5/2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan lama, batas ambang batas emisi pada kendaraan berbahan bakar bensin tahun pembuatan sebelum 2007 adalah CO 4,5 persen dan HC 1.200 ppm.Sedangkan bagi kendaraan tahun pembuatan setelah tahun 2007, ambang batas CO 1,5 persen, dan HC 200 ppm.

Untuk kendaraan berbahan bakar solar, kendaraan tahun pembuatannya sebelum 2010, kapasitas opasitas maksimal 70 persen, dan untuk kendaraan tahun pembuatan sesudah 2010, kapasitas opasitas maksimal 50 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: