Dukung Upsus Pajala, 16 Unit Hand Traktor Dibagikan

PALU-Sebagai upaya peningkatan swasembada pangan khususnya padi, jagung dan kedelai pada program upsus pajala, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tolitoli, Rabu (30/9) membagikan hand traktor kepada sejumlah kelompok tani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura setempat, Akbar Syah kepada Sulteng Post mengatakan, 16 unit hand traktor tersebut merupakan bantuan pemerintah pusat melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Perubahan.

Dia menjelaskan, bantuan hand traktor tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan upsus pajala secara menyeluruh di semua daerah.
“Ini merupakan program dari pemerintah pusat melalui kementerian bersama TNI. Dan 16 unit hand traktor tersebut berasal dari APBNP,” katanya.

Akbar menjelaskan, bantuan tersebut diambil dan diterima langsung oleh kelompok tani binaan di dinas setempat. Adapun kelompok tani tersebut berasal dari sepuluh kecamatan.

“Semua kelompok tani dari sepuluh kecamatan hari ini silih berganti kumpul mengambil bantuan tersebut” ungkapnya.

Sebelumnya, pada Maret lalu, pihaknya telah menyalurkan hand traktor sebanyak 7 unit, sehingga total semua bantuan menjadi 23 hand traktor yang juga berasal dari APBNP.

Pihaknya optimis dikahir tahun ini, swasembada upsus pajala di Kabupaten Tolitoli akan mencapai target.

Namun, pihaknya tidak menampik jika masih terdapat kendala dalam program swasembada upsus pajala, khususnya di sektor persawahan berupa saluran air atau irigasi yang sementara diupayakan perbaikannya.

“Kendala yang saat ini kami hadapi berupa saluran air atau irigasi di area persawahan yang perlu diperbaiki,” terang Akbar.A(sultengpos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: