Donggala Luncurkan Program Pendidikan Kesetaraan

DONGGALA-Pemerintah Kabupaten Donggala melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala mencanangkan program gerakan wajib belajar kesetaraan atau disingkat gewajar setara, program ini sudah dicangkan oleh pemkab setempat.

Bupati Donggala Kamsan Lassa mengatakan program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kesetaraan kepada siapa pun di wilayahnya.
“Karena memang pendidikan harus dan wajib dirasakan oleh siapa saja, namun kesetaraan juga harus menjadi prioritas,” kata Kasman Ahad (27/9).

Dia mengatakan program itu juga dalam rangka menaikkan angka rata-rata lama sekolah, dengan target kinerja pada tahun 2016 naik dari 7,67 tahun menjadi 9,00 tahun. “Untuk itu, diinstruksikan kepada kepala sekolah melakukan langkah-langkah sebagai berikut,” katanya.

Langkah yang dimaksud adalah setiap sekolah diwajibkan mencari, mendaftar/menerima dan menyelenggarakan program pendidikan kesetaraan minimal satu kelompok warga belajar sesuai jenjang pendidikan.

“SD menyelenggarakan program kesetaraan paket A setara SD minimal 20 orang/kelompok, SMP menyelenggarakan program kesetaraan paket B setara SMP minimal 20 orang/kelempok, SMA/SMK menyelenggarakan program kesetaraan paket C setara SMA minimal 30 orang/kelompok,” jelasnya.

Menunjuk, menetapkan tutor, tenaga pengajar yang berasal dari guru yang ada di sekolah dan jika tidak mencukupi dapat memintakan dari sekolah lain.

“Menunjuk salah seorang guru (bisa wakil kepala sekolah) sebagai penanggung jawab penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan,” paparnya.

Hingga kini program tersebut mulai ditebarkan oleh sejumlah sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Donggala, seperti SMK serta berbagai sekolah lain yang ada di Donggala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: