Bulog Sulteng Siap Salurkan Rastra ke-13

PALU- Badan Usaha Logistik (Bulog) Sulawesi Tengah siap menyalurkan beras untuk warga sejahtera (rastra) ke-13 dan ke-14 yang telah dialokasikan pemerintah pusat di daerah itu.

“Tidak ada masalah. Kami sekarang ini tinggal menunggu berapa pagu rastra (sebelumnya raskin) yang ditetapkan Pemprov Sulteng,” kata Kepala Perum Bulog Sulteng, Ma’ruf di Palu pekan lalu.

Ia mengatakan kebijakan pemerintah untuk memberikan jatah rastra ke-13 dan 14 kepada rumah tangga sasaran (RTS) di seluruh daerah, termasuk Sulteng.

Khusus di Sulteng, kata Maruf, masih menunggu penetapan pagu oleh gubernur, para bupati dan wali kota.

Kalau pagu masing-masing kabupaten/kota sudah ditetapkan dan sudah ada surat perintah alokasi (SPA), maka Bulog Sulteng langsung menyalurkannya ke titik distribusi yang telah disepakati dengan pemerintah.

“Jadi kami menyalurkan setelah ada SPA dari masing-masing kabupaten dan kota di Sulteng. “Ya mekanisme penyaluran rastra ke-13 dan 14 sama saja dengan distribusi raskin.

Maruf berharap dalam waktu dekat ini, pagu rastra di 13 kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng sudah ditetapkan sehingga Bulog dapat menyalurkan segera kepada RTS.

Soal stok beras di gudang Bulog, Ma’ruf menjamin masih cukup memadai, meski pengadaan dalam beberapa bulan ini sedikit seret akibat dampak kekeringan dan juga harga beras di tingkat petani naik.

Ma’ruf menegaskan, persediaan beras di Sulteng cukup untuk kebutuhan selama empat-lima bulan ke depan.ENG/ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: