Lokasi Kerusakan Transmisi PLTA Sulit Dijangkau

Palu  – Tim gabungan PLN Wilayah VII Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, mengalami hambatan berat untuk memperbaiki tiang dan jaringan listrik PLTA Poso yang rusak karena lokasinya berada di tengah hutan yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

“Ada tiga tower Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang rusak dan semuanya tidak memiliki akses jalan yang memadai,” kata Manager PT PLN Area Palu, Novalince di Palu seperti dikutip dari Antara, Jumat (25/9/2015).

Bahkan, kata dia, lokasinya berada pada ketinggian dan tebing. Mereka terpaksa harus memikul bahan-bahan yang diperlukan untuk perbaikan tower dan jaringan yang rusak akibat tertimpa pepohonan tumbang pada Senin (21/9).

Selain medan yang sulit, juga ditemukan beberapa titik api/kebakaran di dalam hutan sehingga tim semakin sulit mendekati lokasi.

Akibat kejadian tersebut hingga kini PLTA Sulewana Poso belum bisa mensuplai daya ke sistem kelistrikan Palu, mengakibatkan sistem Palu mengalami defisit daya cukup besar sehingga terpaksa PLN memberlakukan pemadaman bergilir.

Sistem kelistrikan Palu selama ini melayani kebutuhan listrik di Kabupaten Sigi, Donggala, sebagian Kabupaten Parigi Moutong serta Kota Palu dengan total pelanggan sekitar 250 ribu sambungan dan kebutuhan daya skeitar 60 MW saat beban puncak.

PLTA Poso selama beberapa bulan ini mensuplai daya ke sistem kelistrikan Palu 24 megawatt setiap harinya.

Menurut dia, tidak ada solusi mengatasi kekurangan daya sebesar itu, sehingga pemadaman secara bergilir dalam jangka waktu yang belum diketahui terpaksa haru berlanjut.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: